Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bantuan APD Warga Tuban untuk Faskes Se-Kabupaten

Bantuan APD Warga Tuban untuk Faskes Se-Kabupaten
Penyerahan APD yang diproduksi warga NU disebarkan ke fasilitas kesehatan se-Kabupaten Tuban. Produksi ini bagian dari NU Peduli bekerja sama dengan berbagai pihak. (Foto: Istimewa)
Penyerahan APD yang diproduksi warga NU disebarkan ke fasilitas kesehatan se-Kabupaten Tuban. Produksi ini bagian dari NU Peduli bekerja sama dengan berbagai pihak. (Foto: Istimewa)
Tuban, NU Online
Pandemi Covid-19 di Indonesia mendorong kepedulian dan resposn masyarakat, tak terkecuali di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban sendiri telah menerbitkan SK No. 93/PC/A.II/L.14/2020 tertanggal 27 Maret 2020 tentang Susunan Personalia Satgas Covid-19  dan Tupoksi Satgas Covid-19 PCNU Tuban.
 
Satgas ini bekerja menggunakan perangkat organisasi melalui lembaga dan banom PCNU hingga pada level MWCNU. Dalam perjalanan sejak SK diterbitkan Satgas telah melaksanakan tugasnya dengan baik berkolaborasi dengan barbagai pihak baik pemerintah maupun non pemerintah.
 
Salah satunya wujud kerja Satgas Covid-19 PCNU Tuban adalah aksi yang dilakukan oleh Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBINU) Tuban sebagai pelaksana lapangan. Satgas berkonsolidasi dengan para relawannya yang tersebar di MWCNU se-Kabupaten Tuban.
 
Salah satu yang baru-baru ini dilakuan adalah pembuatan alat pelindung diri (APD) face shield sejak 4 April 2020. Pembuatan face shield melibatkan KABAL, MAHIPAL, SKIN Jeep, Perkumpulan Tani Tebu, Komunitas Sticker yang disebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban.
 
"Antara lain di Kecamatan Tuban, Plumpang, Parengan," ujar M Humam Ketua LPBI PCNU Tuban, Sabtu (11/4). 
 
Humam megatakan bahwa donasi ini akan terus dilakukan hingga semua kecamatan di Kabupaten Tuban mendapatkannya. "Sebagai kepedulian kami dalam membantu peralatan tenaga kesehatan yang terus berjuang melawan Covid-19 di Kabupaten Tuban," imbuhnya.
 
Hingga hari ini APD telah diditribusikan kepada 11 faskes baik Puskesmas maupun pustu yang terletak di Kecamatan Kecamatan Tuban, Palang, Widang, Rengel, Soko, Semanding, dan Grabagan. Adapun setiap faskes menerima 20 APD.
 
"Aksi ini akan kita lanjutkan terus hingga situasi terbebas dari pandemi Covid-19," imbuh Humam.
 
Sementara itu dr. Ardi Rinipto, Kepala Pustu Klotok Plumpang saat menerima donasi APD face sield menyampaikan bantuan tersebut bisa mengurangi kelangkaan APD dan bisa dimanfaatkan tenaga medis yang memang sangat membutuhkan APD untuk bekerja.
 
Adapun Ahmad Tasyhudi, Wakil Sekretaris PCNU Tuban mengatakan atas nama Satgas Covid-19 PCNU Tuban sangat mengapresiasi para relawan di lapangan.
 
"LAZISNU, LPBINU, lembaga dan Banom lain yang telah melaksanakan tugas di lapangan, semoga kerja keras kita semua untuk melawan Covid-19 ini selalu mendapatkan hidayah dan inayah serta  ridla Allah SWT. Dan, kita semua segera terbebas dari pandemi ini. Aamiin," pungkasnya.
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile