Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Sukaraja Bogor Salurkan Sembako ke Ratusan Warga

NU Sukaraja Bogor Salurkan Sembako ke Ratusan Warga
Penyaluran bantuan sembako oleh NU Sukaraja, Bogor, Jawa Barat. (Foto: istimewa)
Penyaluran bantuan sembako oleh NU Sukaraja, Bogor, Jawa Barat. (Foto: istimewa)
Bogor, NU Online
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memberikan santunan kepada ratusan yatim, dhuafa, janda, dan guru ngaji terdampak Corona, Jumat (10/4).
 
Pemberian santunan secara simbolis dipusatkan di Sekretariat MWCNU, Kampung Bojongjengkol, Desa Cilebut Barat, Sukaraja.
 
Ketua MWCNU Kecamatan Sukaraja, Ustadz Abdul Halim Yahya mengatakan, pembagian paket sembako tersebut sebagai kepedulian dan ikhtiar nyata NU dalam membantu masyarakat lemah yang terkena dampak Covid-19.
 
"NU selalu hadir untuk masyarakat setiap saat, terlebih dalam suasana bencana seperti wabah covid-19, yang membawa dampak sangat serius pada berbagai bidang kehidupan masyarakat," ujar Abdul Halim.
 
Dikemukakannya, pembagian sembako MWCNU Sukaraja dilakukan dengan mengikuti standar protokol yang diedarkan PBNU dan pemerintah dalam pencegahan Covid-19. Para mustahik penerima santunan hadir diatur secara bergilir dari pagi hingga siang.
 
Dalam pembagian dihadiri oleh Mustasyar MWCNU Kecamatan Sukaraja KH Istichori, Kepala Desa Cilebut Barat H. Dasuki, pegiat LAZISNU Sukaraja Ustadzah Dahyani, aktivis pemuda NU Sukaraja, Abdul Fathah dan Lukmanul Hakim.
 
Halim yang juga Wasekjen Badan Musyawarah Keluarga Jambi Nasional (BMKJN) mengungkapkan, kegiatan peduli mustahiq terdampak Corona terlaksana berkat dukungan donasi dari para dermawan dan tokoh BMKJN di Jakarta.
 
"BMKJ Nasional hadir untuk memfasilitasi warga Jambi di sekitar Jabodetabek untuk berpartisipasi dalam pembangunan, baik untuk memikirkan daerah Jambi maupun Jabodetabek. Apalagi dalam kondisi bencana Covid-19, BMKJN memiliki komitmen kebangsaan dan kemanusiaan," ujar Halim.
 
Halim mengatakan, sejumlah tokoh BMKJN menjadi penyandang dana kegiatan pembagian santunan, yang diwakili Sekjen  BMKJN Suarna Dijaya, Ketua Bidang Advokasi dan Hukum BMKJN Jusairi, SH, dan Bendahara BMKJN Ayuk Rita Rosita.
 
"Dari perwakilan BMKJN yang membantu kegiatan ini semua turun secara langsung ke Bogor. Hal ini sebagai bukti totalitas dan komitmen kuat BMKJN dalam membantu warga dhuafa terdampak corona," imbuh Halim.
 
Selain mendistribusikan pembagian sembako di Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, pihak BMKJ Nasional  juga menjadi penyandang dana santunan dhuafa di Pondok Pesantren Tahfidz Mandiri. Pesantren ini dikelola anggota BMKJN, Ustadz Bambang dan berlokasi di Perumahan Cimanggu, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Sebanyak 21 mustahiq yang juga santri tahfidz menerima bantuan ini. 
 
Selain itu, pihak BMKJN juga membantu gerakan Jumat berbagi Sembako pada dhuafa dan yatim yang diselenggarakan oleh Yayasan At-Tawassuth kepada 50 yatim dan dhuafa.
 
"Ahamdulillah berkat dukungan BMKJ Nasional kami bisa menyelenggarakan dua kegiatan Peduli Dhuafa terdampak Corona di dua lokasi secara bersamaan. Kami sangat berterima kasih dan terharu. Hal ini sebagai bukti manfaat keberadaan BMKJN semakin dirasakan oleh masyarakat luas di Jabodetabek, terutama di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor," tegas Halim.
 
Ketua Bidang Advokasi dan Hukum BMKJN Jusairi SH mengatakan, dukungan pada kegiatan santunan dhuafa MWCNU Kecamatan Sukaraja sebagai panggilan hati untuk peduli sesama.
 
"Semoga santunan ini sedikit meringankan beban berat masyarakat terdampak corona, memberikan kegembiraan agar tetap semangat menghadapi situasi bencana dan optimis menatap masa depan," kata Jusairi.
 
Menurut Halim, beberapa bulan lalu BMKJ Nasional, terutama Ketua Umum Bang Irjen Pol H Syafril Nursal mendukung penuh kegiatan Hari Santri Nasional  pada bulan Oktober 2019, yang dihelat di Desa Cilebut Barat, yang dihadiri 500 jamaah.
 
Dukungan lain yang ditunjukkan BMKJN yaitu berupa kegiatan Bakti Sosial Kesehatan berupa Sunatan Massal, Bedah Minor dan pengobatan umum tanggal 2 Februari 2020, yang diinisiasi Ibu Ayuk Nila Rizal Noor, anggota BMK, dengan melibatkan 300 orang peserta.
 
"Selain itu, kami juga menyelenggarakan aksi serupa pada tanggal 13 Maret 2020 pembagian sembako di Desa Cilebut Barat untuk 100 mustahiq dan dukungan pada kegiatan berbagi nasi boks gratis untuk 50 yatim dan dhuafa di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor," katanya.
 
Pada kegiatan itu didukung penuh oleh Irmansyah Rachman (Inspektur Wilayah 1 Inspektoral Jenderal Kementerian Kehutanan dan LH), Usman Ermulan (Mantan Bupati Tanjabbar), Refli (Kepala Penghubung Jambi – Jakarta), Ayuk Hastuti Handayani, dan Amrun.
 
"Kami sampaikan pula terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  KH Zainudin Al Sawangi, Mustasyar MWCNU Sukaraja, yang selalu mendukung donasi kegiatan MWCNU Sukaraja," tutupnya.
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile