Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Satgas NU Bogor Cegah Covid-19 Beraksi di 25 Kecamatan

Satgas NU Bogor Cegah Covid-19 Beraksi di 25 Kecamatan
NU Peduli Cegah Covid-19 Kabupaten Bogor membagikan hand soap untuk warga. (Foto: Istimewa)
NU Peduli Cegah Covid-19 Kabupaten Bogor membagikan hand soap untuk warga. (Foto: Istimewa)
Bogor, NU Online
Tak lama setelah pembentukan Satgas NU Peduli Cegah Covid-19 Kabupaten Bogor, tim bergerak cepat. Sebagai langkah awal satgas ini melakukan serangkaian tugas-tugas persiapan, menyamakan persepsi dalam bertugas.
 
Beberapa aksi digulirkan, seperti pemetaan melalui survei online dengan pengisian form yang berkaitan dengan kondisi Nahdliyin dikaitkan dengan fenomena pandemi Covid-19 dan dampaknya. Dilakukan juga sosialisasi dan informasi terkait Covid-19.
 
PCNU Kabupaten Bogor menggalang dana internal yang hasilnya dibelanjakan peralatan dan bahan-bahan pembuatan disinfektan, hand sanitizer, masker, dan hand soap. Aksi serempak penyemprotan Covid-19 dilakukan bekerjasama dengan warga masyarakat. 
 
Selain itu, pada Sabtu (11/4) kemarin, PCNU Kabupaten Bogor hadir di Kecamatan Bojonggede, tepatnya di wilayah RW 16 Vila Pabuaran Indah, Kelurahan Pabuaran.
 
Di samping melakukan penyemprotan disinfektan di sebanyak 14 RT, juga dilakukan penyaluran bantuan berupa hand soap. Sebanyak 80 botol hand soap berukuran 330 mililiter dan dua galon tambahan ukuran masing-masing lima, serta satu galon hand sanitizer ukuran lima liter.
 
Penyemprotan disinfektan menghabiskan 2000 liter disinfektan yang diracik mandiri dari komposisi wirpol, bayclin, soklin, dan alkohol agar cepat kering. Armada yang digunakan berupa mobil bak terbuka dilengkapi alat semprot steam motor dengan drum plastik ukuran 400 liter. Ditambah alat semprot manual swan sebanyak dua buah.
 
Tenaga yang terlibat sekitar dua puluh orang, terdiri dari pengurus RW, anggota satpam, petugas personal dari BPBD Bogor, dan warga. Kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB dengan istirahat shalat Dzuhur dan diakhiri makan siang bersama.
 
Mewakili PCNU Kabupaten Bogor dan Satgas Covid-19, Ketua LTMNU Bogor, H Agus Riadi menyampaikan salam dari semua jajaran pengurus kepada warga RW 16 Vila Pabuaran Indah yang diketuai oleh H Mukhlissani.
 
"Kami hadir ingin ikut terlibat langsung bersama warga masyarakat atasi Covid-19 dan problematika kemasyarakatan dan keagamaan. Menyikapi situasi saat ini, mari kita muhasabah sambil terus meningkatkan keimanan dan rasa syukur kepada Allah. Saat inilah kita sadar sesadar sadarnya bahwa betapa besar nikmat sehat yang diberikan Allah SWT," kata H Agus Riadi. 
 
Ketua Satgas Cegah Covid-19 PCNU Bogor, KH Toto Idris mengatakan PCNU Kabupaten Bogor juga melakukan hal yang sama secara serentak di 25 MWCNU atau kecamatan di Bogor. Di Bogor sendiri ada 40 kecamatan.
 
Adapun aksi di 25 kecamatan tersebut dijadwalkan Ahad (12/4), yakni di Ciseeng, Cibinong, Ciampea, Citeureup, Babakan Madang, Gunung Sindur, Parung, Nanggung, Bojonggede, Tenjolaya, Rumpin, Tanjung Sari, Leuwi Liang, Tenjo, Kemang.
 
Berikutnya, Ciomas, Sukaraja, Leuwi Sadeng, Cisarua, Ranca Bungur, Cigombong, Cigudeg, CIileungsi, Gunumg Putri, dan Sukamakmur
 
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile