Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Jatim Kembali Salurkan Seribu APD untuk Rumah Sakit Rujukan

LAZISNU Jatim Kembali Salurkan Seribu APD untuk Rumah Sakit Rujukan
Sekretaris PW NU Care-LAZISNU Jatim (kanan) menyerahkan bantuan seribu APD di Rumah Sakit Islam Unisma Malang. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Sekretaris PW NU Care-LAZISNU Jatim (kanan) menyerahkan bantuan seribu APD di Rumah Sakit Islam Unisma Malang. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Malang, NU Online
Keluhan sejumlah tenaga medis sebagai garda terdepan bagi penanganan pasien Covid-19 khusunya terkait Alat Pelindung Diri (APD) menjadi keprihatinan banyak kalangan. Berbagai pihak membuat alat dimaksud secara mandiri, tidak sedikit juga yang membuka donasi.
 
Pada Sabtu (11/4), Satuan Tugas (Satgas) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur Tanggap Covid-19 melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jatim membagikan seribu APD.
 
Pemberian APD secara gratis ini berasal dari masyarakat yang mendonasikan sebagian hartanya untuk mendukung perjuangan tenaga medis melawan Covid-19. 
 
“Kelangkaan APD sangat dikeluhkan oleh tenaga medis, sebab mereka yang menangani pasien Covid-19 yang mengibaratkan perang tanpa senjata. Alhamdulillah masyarakat merespons positif penggalangan dana yang kami lakukan," kata Moch Rofi’i Boenawi.
 
Sekretaris NU Care-LAZISNU Jawa Timur tersebut menjelaskan bahwa seribu APD dibagikan ke sejumlah rumah sakit, terutama yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Jawa Timur. 

"Saat ini kami membagian APD tahap kedua di Rumah Sakit Islam atau RSI Unisma Malang, RSUD Mawaddah Medica Mojokerto dan Darussyifa’ Benowo Surabaya,” jelasnya. Bantuan berupa baju hazmat, sepatu bot, sarung tangan dokter, fice shlied, masker, hingga obat vitamin, lanjutnya.
 
Direktur RSI Unisma Malang, dokter Tri Wahyu Sarwiata mengucapkan terima kasih kepada para donatur karena APD ini sangat dibutuhkan sejumlah dokter. 
 
"Dengan adanya bantuan APD ini sangat membantu para dokter menangani pasien Covid-19," kata dokter yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Jawa Timur itu.
 
Dokter Wahyu turut berterima kasih kepada Satgas NU Jatim Tanggap Covid-19 dan PWNU Jawa Timur yang telah membantu APD pada para dokter di RSI Unisma Malang. 
 
"Keberadaan APD sangat membantu para dokter, karena merekalah garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19," terangnya.
 
Sementara dokter Edi Suyanto selaku Ketua Satgas NU Jatim Tanggap Covid-19 mengungkapkan bantuan diberikan kepada rumah sakit yang telah ditunjuk sebagai rujukan oleh pemerintah. Dengan harapan, APD tersebut dapat digunakan tim medis maupun dokter saat menangani pasien Covid-19. 
 
PW NU Care-LAZISNU Jatim masih membuka peluang kepada siapa pun untuk bergabung membantu melindungi para pahlawan medis melalui donasi online di www.s.id/pahlawanmedis. 
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
BNI Mobile