Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Banser Demak Advokasi Takmir Masjid Siapkan Shalat Jumat di Tengah Darurat Corona

Banser Demak Advokasi Takmir Masjid Siapkan Shalat Jumat di Tengah Darurat Corona
Persoil Banser siap bantu takmir masjid gelar shalat Jumat (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Persoil Banser siap bantu takmir masjid gelar shalat Jumat (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Demak, NU Online
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Demak, Jawa Tengah menugaskan anggotanya untuk membantu para pengurus masjid yang akan menyiapkan kegiatan shalat Jumat selama berlangsungnya tanggap darurat Corona.
 
Kepala Satkorcab Banser Demak Teguh Ali Irfan mengatakan, Banser Demak mendapat amanat khusus dari Satgas NU Peduli Covid-19 Demak untuk mengawal kegiatan shalat Jumat.
 
"Tugas itu adalah  membantu takmir-takmir masjid di wilayah Demak dalam menyiapkan penyelenggaraan shalat Jumat agar memenuhi standar protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah,"kata Teguh saat brifing kepada anggota Banser Banser di Kantor PCNU Demak, Jl Sultan Fatah Demak, Ahad (12/4).

Dikatakan, materi brifing meliputi pemantapan dan pembekalan tugas terkait dengan kegiatan pendampingan pengurus masjid dalam menyiapkan jumatan. Mulai dari penyemprotan cairan disinfektan di ruangan untuk sholat, sabun dan air mengalir untuk cuci tangan di tempat wudlu.

"Tugas lain juga penyiapan cairan pencucui tangan (hand sanitizer) di beberapa bagian ruang masjid dan termometer untuk mengukur suhu jamaah yang akan masuk ke ruang shalat," tandasnya. 
 
Dikatakan, personil Banser juga akan bertugas membantu takmir masjid untuk  mengatur barisan shalat agar memenuhi standar physical distance sebagaimana diatur dalam protokol kesehatan.

"Pengaturan jamaah shalat Jumat yang sedemikian ini merupakan sesuatu yang baru, karena itu dalam implementasinya di lapangan harus hati-hati jangan sampai muncul ketersinggungan para pengelola masjid," ucapnya.
 
Sebelum menjalankan tugas ini ujarnya, personil Banser harus sowan dulu ke pengurus ranting NU dan Takmir masjid agar terjadi kesepahaman, tidak ada yang merasa diatur tetapi merasa terbantu oleh Banser dan satgas.
 
Ketua Satgas NU Peduli Covaid -19 Demak, dr Abdul Aziz mengatakan, personil Banser yang sudah dipilih untuk mengadvokasi takmir masjid dalam menyiapkan penyelenggaraan shalat Jumat di zona hijau dan kuning sebelumnya sudah mendapat pembekalan.
 
"Namun demikian brifing tetap kami lakukan, agar kesiapannya semakin mantap. Amanat ini juga termasuk tugas kemanusiaan," ujarnya.
 
Menurutnya, kalau petugas medis berada di garis terdepan dalam menangani warga yang sudah terinfeksi wabah Corona, Banser yang menjalankan misi satgas juga berada di barisan terdepan.
 
Namun ujarnya, tugas yang diemban berbeda yakni mencegah dan melindungi warga agar tidak terinfeksi Corona, jadi tugasnya sangat mulia.  "Personil Banser atau satgas juga kami bekali  beberapa liter cairan disinfektan untuk dimanfaatkan membersihkan ruang shalat beberapa jam sebelum jumatan," pungkasnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya