Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Covid-19, Pemprov Gelar Istighotsah Dipimpin Rais PWNU Jateng

Cegah Covid-19, Pemprov Gelar Istighotsah Dipimpin Rais PWNU Jateng
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
Semarang, NU Online
Upaya pencegahan merebaknya wabah virus Corona (Covid-19) terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Salah satu upayanya ialah menggelar istighotsah yang dipimpin Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Ubaidullah Shodaqoh dan Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang KH Hanief Ismail.
 
Kegiatan yang diprakarsai Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah berlangsung di gedung Gradika Bhakti Praja , komplek Setda Jateng, Jl Pahlawan Semarang, Jumat (17/4) malam ini.
 
Ketua umum MUI Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji mengatakan, kegiatan ini akan disiarkan langsung oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Jateng dan RRI yang ada di Jateng meliputi RRI Semarang, Solo, dan Purwokerto.
 
"Kegiatan ini juga akan direlai lembaga penyiaran daerah dan radio-radio swasta se-Jateng," kata Kiai Darodji di Semarang Jumat (17/4) siang.

Dikatakan, alam menyelenggarakan kegiatan doa bersama untuk  meminta pertolongan kepada Allah SWT agar penyebaran virus Corona segera dihentikan ini, MUI Jateng menjalin kerjasama dengan Pemprov Jateng, Baznas Jateng, dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng.
 
Semula lanjutnya, acara ini dijadwalkan akan berlangsung Kamis (16/4) pukul 19.30-20.30, namun karena dalam waktu bersamaan TVRI menayangkan langsung  kegiatan yang sama di Jakarta, kegiatan di Jateng dijadwal ulang sehari berikutnya, yakni Jumat malam ini.  
 
Dia menambahkan, selain Rais PWNU Jateng dan Rais PCNU Kota Semarang, akan tampil juga Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang, H Arja Imroni yang akan membacakan surat Yasin.
 
Doa penutup istighotsah,lanjutnya,  akan dibacakan Ketua DPW Muhammadiyah Jateng, Muhammad Tafsir dan  Pengasuh Pesantren Raudlotul Sa’idiyah Kali Alang, Gunungpati, Semarang, KH Sa'id Al Mashad.
 
Dikatakan, dalam melaksanakan kegiatan ini MUI Jateng  tidak mengundang langsung masyarakat untuk hadir di Gedung Gradhika, namun masyarakat dipersilahkan mengikuti istighotsah melalui tv dan radio. Karena acara  ini   disiarkan langsung oleh stasiun televisi dan radio yang ada di Jateng.
 
"Hanya ulama yang membaca doa bersama dan Gubernur Jateng  saja yang berada di lokasi kegiatan," ungkapnya.  
 
"Ketua umum MUI Jateng akan mengawali acara ini dengan menyampaikan sambutan pengantar dan dilanjutkan sambutan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebelum pembacaan doa dimulai," pungkasnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile