Lawan Covid-19, PMII Unmuh Jember Gelar Lomba Poster

Lawan Covid-19, PMII Unmuh Jember Gelar Lomba Poster
Ipung Dwiansyah, juara pertama lomba poster PMII Unmuh Jember dengan tema: PMII lawan Covid-19 dengan #DiruahAja. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Ipung Dwiansyah, juara pertama lomba poster PMII Unmuh Jember dengan tema: PMII lawan Covid-19 dengan #DiruahAja. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Jember, NU Online
Kader-kader  PMII Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, Jawa Timur, termasuk elemen yang cukup peduli dengan pemberantasan virus Corona. Hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan lomba  pembuatan poster yang mengangkat tema: PMII vs Covid-19. Lomba tersebut dihelat sejak tanggal 13 April hingga 17 April 2020.

“Lomba itu juga dalam rangka memperingati Harlah ke-60 PMII,” ujar Ketua Pengurus Komisariat PMII Unmuh Jember, Fandi Winata kepada NU Online di Malam Puncak Semangat Harlah ke-60 PMII, Jumat (17/4) malam.

Menurut Fandi, pihaknya sengaja memilih tema itu untuk menggungah kader-kader PMII dan masyarakat agar ikut terlibat dalam upaya  pencegahan Covid-19. Sebab,  membasmi Covid-19 merupakan tanggung jawab segenap elemen masyarakat. Sehingga berbagai upaya perlu dilakukan untuk memblokir penularan virus yang mengincar paru-paru itu.

“Apapun wajib kita lakukan untuk menghentikan penularan Covid-19. Sebab munculnya virus tersebut cukup menakutkan, dan membikin masyarakat tidak tenang,” ucapnya.

Lelaki asal Banyuwangi itu menegaskan lomba poster tersebut juga untuk memompa semangat kader PMII  agar tidak vakum dari kegiatan meskipun harus di rumah saja.  Ia berharap agar penerapan status darurat Corona, tidak menghalangi produktifitas kader PMII untuk berkarya.

“Meskipun di rumah, tidak ada alasan untuk tidak produktif,” jelasnya.

Lomba membuat poster itu sepenuhnya digelar secara daring (dalam jarigan) alias tanpa tatap muka, karena lagi-lagi untuk menghindari pertemuan sebagai antisipasi penularan Covid-19. Jadi mulai pendaftaran, pengiriman poster, penilaian, hingga pengumuman pemenang dilaksanakan tanpa adanya tatap muka.  

“Bahkan hadiahnya juga kami kirim via kurir ke masing-masing alamat pemenang,” jelas Fandi.

Setelah dilakukan seleksi dan penilaian, akhirnya terpilih sebagai pemenang adalah Ipung Dwiansyah dengan judul poster: PMII lawan Covid-19 dengan #DiruahAja. Sedangkan Dimas Alkarim dan M Ghufron terpilih sebagai juara dua dan tiga. Mereka menyingkirkan 20 peserta terpilih.

Di tempat terpisah, Ketua Pengurus Cabang PMII Jember, Baijuri menyatakan salut dengan kreatifitas kader-kader PMII Unmuh Jember. Meskipun terjadi wabah Corona namun mereka tetap berkegiatan sembari berkontribusi untuk menghadang penularan Covid-19.

“Salut untuk mereka, kader PMII Unmuh Jember,” ucap Baijuri kepada NU Online via telepon seluler.

Selain lomba pembuatan poster, Komisariat PMII Unmuh Jember juga menggelar pembacaan shalawat nariyah secara daring sebanyak 33 kali oleh setiap kader PMII di Malam Puncak Semangat Harlah ke-60 PMII. Tidak hanya itu, diskusi daring juga akan digelar tanggal 20 dan 23 April 2020.   
 
Pewarta: Aryudi AR
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile