Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Generasi Muda NU Kepung Kediri Bagikan Sembako dan 5000 Masker

Generasi Muda NU Kepung Kediri Bagikan Sembako dan 5000 Masker
Generasi muda NU Kecamatan Kepung, Kediri mensosialisasikan pencegahan Covid-19 dengan memberikan bantuan masker. (Foto: Syafii)
Generasi muda NU Kecamatan Kepung, Kediri mensosialisasikan pencegahan Covid-19 dengan memberikan bantuan masker. (Foto: Syafii)
Kediri, NU Online
Saat ini Kediri berstatus zona merah dampak Covid-19. Tercatat ada 13 kasus positif dan empat orang meninggal. Kendati tak sebanyak di Jakarta, sebagai langkah antisipatif dan kepedulian kepada masyarakat, generasi muda NU di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur membagikan 5000 masker kepada masyarakat. 
 
Para generasi muda NU yang terdiri dari GP Ansor, Fatayat NU, IPNU dan IPPNU mengadakan bakti sosial tersebut pada Sabtu (18/4). Bakti sosial hari itu adalah bakti sosial gelombang kedua, setelah sebelumnya dilakukan Sabtu (11/4) dengan membagikan 1000 masker dan paket sembako.
 
Kepedulian tersebut sebagai wujud aktualisasi serta komitmen bersama sebagai pemuda dalam mencegah Covid-19 dan mendukung program pemerintah.
 
Zainuri, salah satu relawan yang terlibat, mengatakan pencegahan dan cara mengatasi dampak Covid-19 harus dilakukan dengan kerja sama. Karena, bukan hanya Pemerintah Daerah saja yang bertanggung jawab dalam penangananya, melainkan elemen pemuda yang tergabung di Ormas Islam juga harus ikut serta membantu Pemerintah.
 
"Dar'ul mafasid muqoddamun 'ala jalbil masholih, mencegah lebih baik daripada mendatangkan solusi. Kegiatan Ini adalah wujud pencegahan dan kepedulian kami pada masarakat untuk menekan penyebaran virus corona," katanya.
 
Para pemuda, sebut dia, harus membantu pemerintah, kita harus berjuang menjaga lingkungan. "Kita tidak berharap Kediri akan semakin banyak korban lagi," imbuhnya.
 
Pihaknya juga sangat sangat prihatin masyarakat kecil yang notabene buruh harian yang membutuhkan sembako dan uang untuk kehidupan mereka sehari-hari. Sudah lebih sebulan di Kediri masyarakat harus berada di rumah.
 
"Maka dari itu kami menggalang dana dan terjun langsung ke rumah-rumah fuqoro' masakin," katanya.
 
Dia berharap pandemi ini segera tuntas di bulan Suci Ramadhan 1441 H, sehingga masyarakat bisa secara khusyuk beribadah.
 
Selain itu, banyak pesantren di Kediri sudah memulangkan puluhan ribu santri. Majelis, masjid dan sekolah, pasar sudah mulai tutup. Hal itu sebagai ketaatan mengikuti anjuran dari Pemerintah.
 
Generasi muda NU Kepung kediri juga berkeliling mensosialisasikan agar tetap beraktivitas di rumah, menjaga jarak minimal satu meter ketika berkomunikasi dengan orang lain, menggunakan masker ketika keluar rumah, rutin mencuci tangan dengan sabun serta menghindari kerumunan.
 
Kontributor: Syafii
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile