Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Covid-19, NU Subang Imbau Pemilik Toko dan Warung Pasang Westafet  

Cegah Covid-19, NU Subang Imbau Pemilik Toko dan Warung Pasang Westafet  
Tim Satgas NU Peduli Kabupaten Subang bagi-bagi masker ke pengguna jalan (Foto: NU Online/Ais Luthfi)
Tim Satgas NU Peduli Kabupaten Subang bagi-bagi masker ke pengguna jalan (Foto: NU Online/Ais Luthfi)
Subang, NU Online
Guna mencegah penyebaran wabah virus Corana (Covid-19), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Subang, Jawa Barat melalui Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 membagikan sejumlah masker dan cairan pncuci tangan (hand sanitizer) gratis kepada masyarakat.
 
"Kegiatan yang melibatkan beberapa pengurus banom dan lembaga ini dilakukan di sejumlah titik di wilayah Subang kota pada Sabtu (18/4) kemarin," ujar Ketua Satgas Maman Sukarman.
 
Dijelaskan, saat turun ke lapangan ia menemukan masih banyak warung dan toko yang tidak menyediakan wastafet dan hand sanitizer untuk mencuci tangan para pelanggan.
 
"Padahal warung dan toko punya potensi menjadi tempat penyebaran virus karena di sana banyak orang yang masuk dan keluar," katanya.
 
Untuk itu lanjut Maman, demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, para pemilik toko diingatkan kembali agar melakukan tindakan pencegahan dengan cara memasang westafet dan hand sanitizer di depan toko mereka.
 
Ditambahkan Maman, dalam kegiatan ini selain membagikan masker dan hand sanitizer gratis kepada masyarakat, Tim Satgas PCNU Subang juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah tempat yang ada di sekitar Subang kota.
 
"Penyemprotan disinfektan kita lakukan di kantor PCNU, terminal Subang, Masjid Agung Al-Musabaqoh dan 5 pesantren yang ada di sekitar Kecamatan Subang," tambah Maman yang juga Ketua LPBINU Subang itu.
 
Selain itu sambungnya, pada saat yang sama Tim Satgas PCNU Subang juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 melalui mobil keliling dan pengeras suara.
 
"Kegiatan ini bagian dari pengabdian dan kepedulian kami kepada masyarakat yang diharapkan dapat menghambat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Subang," tambahnya.
 
Lebih lanjut Maman menambahkan bahwa jumlah ODP, PDP dan positif Covid-19 di Kabupaten Subang mulai bergerak naik, untuk itu perlu ada upaya bersama dalam menghadapi pandemi global ini.
 
"Saat ini Kabupaten Subang sudah ada beberapa ODP, PDP, positif, bahkan ada juga beberapa yang meninggal. Jadi masalah ini harus benar-benar kita selesaikan bersama tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja," ujarnya.
 
Maman menjelaskan, semua kebutuhan dan biaya operasional dalam kegiatan ini bersumber dari kas LAZISNU Kabupaten Subang dan dari sumbangan beberapa pihak di antaranya adalah para pengurus PCNU Subang, MWCNU, dan masyarakat.
 
"Insyaallah kegiatan semacam ini akan terus kami lakukan sampai pemerintah menyatakan kondisi sudah aman," pungkasnya.
 
Kontributor: Aiz Luthfi
Editor: Abdul Muiz
Posisi Bawah | Youtube NU Online