Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU-LDNU Jombang Berbagi Bahagia Bersama Kiai-Bu Nyai Kampung

LAZISNU-LDNU Jombang Berbagi Bahagia Bersama Kiai-Bu Nyai Kampung
Poster program berbagi bahagia bersama kiai dan bu nyai kampung oleh LAZISNU Jombang. (Ilustrasi: LAZISNU Jombang)
Poster program berbagi bahagia bersama kiai dan bu nyai kampung oleh LAZISNU Jombang. (Ilustrasi: LAZISNU Jombang)
Jombang, NU Online
Segala upaya dimaksimalkan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur untuk menyambut bulan Ramadhan 1441 H. Beberapa program Ramadhan sudah dipersiapkan oleh para pengurus. Salah satunya seperti program berbagi bersama kiai, bu nyai kampung, pengasuh jamiyah, dan pengajian rutin.
 
Ketua PC LAZISNU Jombang Ahmad Zainudin mengungkapkan, konsep dalam program tersebut adalah membagikan paket kepada ratusan orang yang menjadi sasaran program. Paket itu berupa sembako, sarung, dan mukena. "Per paket senilai Rp200.000 dengan estimasi sasaran 500 orang," katanya kepada NU Online, Ahad (19/4).
 
Sementara dalam pendataan sasaran program sekaligus pendistribusian paket, LAZISNU bekerja sama dengan PC Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang. LDNU sendiri memiliki kader dakwah cukup masif yang tidak hanya di tingkat kabupaten, melainkan juga di tingkat kecamatan. Mereka terdiri dari beragam kalangan, mulai dari kalangan gus, ning, kiai, hingga pengurus jamiyah rutinan di lingkungannya.
 
"Dari kader-kader dakwah itu kita mendapat data konkret, di samping sebagian dari mereka tentu juga adalah bagian dari objek program itu," tambahnya.
 
Pria yang kerap disapa Gok Din ini menjelaskan, alasan menyalurkan paket ini pada kalangan kiai dan bu nyai yang berada di kampung-kampung karena kegigihan mereka dalam mendidik generasi bangsa. Mereka juga teguh dalam menjaga ajaran-ajaran dan sejumlah amaliyah Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah.
 
"Ini bentuk terima kasih kami kepada para kiai dan bu nyai, pengasuh pengajian rutin di jamiyah-jamiyah yang rela menjaga tradisi dan menjadi benteng terdepan penjaga Aswaja an-Nahdliyah," tuturnya.
 
Selain itu, ia juga tak menafikan wabah Covid-19 yang berdampak serius pada masyarakat di berbagai lapisan, tidak terkecuali para kiai dan bu nyai yang ada di kampung. Aktivitas pengajian yang mereka laksanakan dengan rutin, kali ini tentu harus berhenti sampai penyebaran Covid-19 benar-benar usai.
 
Gok Din menyampaikan, Pengurus LAZISNU sampai saat ini tengah menyiapkan paket-paket yang nanti akan diberikan oleh LDNU kepada masyarakat sesuai data yang dikantongi LDNU. Sementara proses pendistribusiannya akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan secara bertahap.
 
Dihubungi terpisah, Ketua PC LDNU Jombang, Aang Fatihul Islam mengatakan, pengurus LDNU masih terus melakukan pendataan. Diharapkan paket itu nanti benar-benar tepat sasaran.
 
"Yang pasti kami siap menyukseskan program itu, mulai dari proses pendataan hingga pada pendistribusiannya, nanti lewat LDNU tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dibantu Unit Pengumpul Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU)," ujarnya.
 
Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin
Posisi Bawah | Youtube NU Online