Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
PEDULI COVID-19

200 Yatama Terima Santunan Simbolis Jelang Harlah Ke-70 Fatayat NU Kudus 

200 Yatama Terima Santunan Simbolis Jelang Harlah Ke-70 Fatayat NU Kudus 
PC Fatayat NU Kudus menyerahkan santunan dan paket sembako kepada perwakilan yatama di gedung PCNU Kudus, Ahad (19/4). (Foto: NU Online/Afina Izzati)
PC Fatayat NU Kudus menyerahkan santunan dan paket sembako kepada perwakilan yatama di gedung PCNU Kudus, Ahad (19/4). (Foto: NU Online/Afina Izzati)
Kudus, NU Online
Sekitar 200 anak yatim di Kabupaten Kudus menerima santunan dari Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Kudus. Pemberian santunan yatama diselenggarakan dalam rangka menyambut Harlah ke-70 Fatayat NU, Ahad (19/4).

Ketua PC Fatayat NU Kudus Nik Hayati mengatakan, 1.000 kupon santunan yatama dibagikan ke sembilan Pimpinan Anak Cabang Fatayat di seluruh kecamatan yang ada di Kudus. Yakni PACFNU Kota, PACFNU Jati, PACFNU Kaliwungu, PACFNU Undaan, PACFNU Gebog, PACFNU Jekulo, PACFNU Mejobo, PACFNU Bae, dan PACFNU Dawe.

“1.000 kupon dengan harga 25.000 perkuponnya yang habis dibagikan kepada kader Fatayat menunjukkan sinergitas yang luar biasa. Semua anggota dan pengurus Fatayat dari mulai ranting, anak cabang, sampai cabang memiliki bentuk kepedulian dan empati bagi sesama. Mudah-mudahan suasana seperti ini akan terus terjalin untuk Fatayat tercinta,” ungkapnya.

Nik berharap, dengan santunan yatama yang diselenggarakan pagi tadi dapat memberikan kegembiraan bagi semua pihak terutama bagi penerima bantuan dalam menyambut bulan Ramadhan.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator kegiatan Nafis Sholihah mengungkapkan, santunan yang digelar di gedung PCNU Kudus itu dihadiri beberapa pengurus harian, perwakilan PCNU Kudus H Kisbiyanto, Ketua PC Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kudus H Ihdi Fahmi, juga perwakilan yatim yang ada di Kota Kretek ini.

“Ada 200 yatim yang tidak mungkin kami undang semua. Mengingat keadaan sedang pandemi virus corona (Covid-19). Sehingga untuk penyerahan secara simbolis ada satu perwakilan yatim yang menerima langsung,” tuturnya.

Nafis menambahkan, pengurus harian Fatayat NU yang juga menjadi perwakilan PAC yang hadir akan meneruskan bantuan. Bantuan diantar langsung ke setiap rumah yatim yang ada di ranting masing-masing. 

“Sejumlah barang yang dibagikan berupa uang tunai, alat tulis, masker, dan sembako seperti beras, gula pasir, minyak goreng. Semua ini berkat kerja sama dengan PC LAZISNU Kudus serta berbagai pihak lainnya,” ungkapnya.

Dalam mendistribusikan bantuan itu, PC Fatayat NU Kudus dibantu tiga mobil milik PC LAZISNU Kudus untuk menjangkau setiap rumah yatim dengan didampingi petugas pendistribusian masing-masing kecamatan. 

Acara yang digelar cukup singkat tadi diisi laporan panitia Harlah serta sambutan Ketua PC Fatayat NU Kudus. Setelah itu, dilanjutkan penyerahan santunan secara simbolis kepada perwakilan yatim yang hadir. Kemudian ditutup doa. Ia bersyukur atas terselenggaranya kegiatan santunan meski di tengah kondisi pandemi yang serba sulit dan mendesak.

“Alhamdulillah, Fatayat NU Kudus dengan segala usaha, kerja sama, dan kekompakannya masih diberi kesempatan berharga oleh Allah untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Semoga dengan penyaluran santunan dan sembako ini bisa meringankan beban kebutuhan hidup sehari-hari,” pungkasnya. 

Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori
 
Posisi Bawah | Youtube NU Online