IMG-LOGO
Daerah

Corona Mewabah, Ansor Tegal Gencarkan Edukasi ke Warga

Senin 20 April 2020 18:00 WIB
Corona Mewabah, Ansor Tegal Gencarkan Edukasi ke Warga
Keliling desa cara Ansor Kabupaten Tegal sadarkan warga tentang bahaya virus Corona (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Semenjak virus Corona (Covid-19) menjadi pandemi di berbagai belahan dunia dan sudah masuk di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Tegal, menjadikan masyarakat semakin waswas dan bingung. Terlebih dalam hitungan hari akan memasuki bulan suci Ramadhan. 
 
Kondisi tersebut menjadi keprihatinan tersendiri bagi Pimpinan Ranting Gerakan Ansor Dermasandi, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah untuk terus menerus dan secara masif melakukan edukasi kepada warga tentang Corona.
 
Ketua Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Dermasandi Moh Naenul Rizqoni mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum memahami akan bahaya Covid-19 dan cara penyebarannya bahkan seolah olah cuek dan tidak memperdulikan lingkungan sekitar menjadi perhatian GP Ansor.
 
"Melihat kondisi itu, Ansor Banser Dermasandi secara masif memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pengeras suara keliling dan pembagian Poster. Selain itu, GP Ansor juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh wilayah Desa Dermasandi dan fasilitas umum seperti mushala, masjid, polindes, balai desa, dan Sekolah," katanya Ahad (14/4).
 
Menurutnya, langkah tersebut dilakukan sebagai antisipasi terhadap penularan dan penyebaran wabah virus Corona dan sebagai aksi sosial Ansor Dermasandi terhadap virus yang sedang mewabah saat ini. 
 
"Kegiatan ini kami lakukan secara swadaya dari internal anggota Ansor dan Banser," jelasnya.
 
Rizqon yang juga Pengurus Lembaga PC GP Ansor Kabupaten Tegal itu menambahkan, Ansor juga telah menyalurkan bantuan paket sembako dari PCNU Kabupaten Tegal Peduli Covid-19 yang bekerjasama dengan PC GP Ansor dan LPBINU  kepada warga yang terdampak Pandemi Covid-19. 
 
"Masyarakat merasa bersyukur menjadi bagian dari Nahdlatul Ulama yang begitu peduli pada warganya. Karena dari mereka menunggu bantuan dari pemerintah tak kunjung datang," ujarnya.
 
Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya yakni dengan aktif lapor kepada RT/RW setempat apabila baru pulang dari luar kota. 
 
"Mengingat mendekati bulan puasa perantau dari luar kota mulai mudik ke kampung halaman dan kami tidak mau kecolongan kaitan dengan ini sebab Desa Dermasandi dikepung oleh desa yang sudah terjangkit wabah Corona. Harapannya melalui imbauan ini nantinya masyarakat bisa memahami dan ikut tanggap menjaga lingkungannya agar tidak tertular virus corona,” imbuhnya.

Ketua PRNU Dermasandi H Khariri menyampaikan apresiasi atas gerakan dan inisiatif Ansor Banser Dermasandi dalam menangkal virus Corona. Dan ini sangat memberikan kenyamanan kepada masyarakat banyak.
 
"Semua warga Dermasandi merasakan manfaatnya. Tanpa diperintah tapi sebagai Pemuda NU langsung tanggap dan kami sangat bangga supaya terus dipertahankan kegiatan positif ini," ujarnya.
 
Rais PRNU Dermasandi Ustadz Ali Masrofi berharap Ansor Banser Dermasandi terus mempertahankan sikap kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.
Dia melihat Gerakan yang dilakukan oleh Ansor Banser menjadi contoh bagi orang banyak dan menjadikan masyarakat akan terus merasa nyaman. 
 
"Ini merupakan gerakan yang kedua dalam bulan ini, sudah tentu masyarakat sangat bangga. Dan yang paling penting agar anggota Ansor dan Banser Dermasandi juga tetap menjaga kesehatan dan pola hidup dalam merebaknya virus corona ini, karena Ansor dan Banser merupakan benteng masyarakat," pungkasnya. 

Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG