Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Brebes Bantu 600 Warga Terdampak Covid-19

Ansor Brebes Bantu 600 Warga Terdampak Covid-19
Ansor Jatibarang, Brebes bagikan sembako ke anak yatim (Foto: NU Online/Wasdiun)
Ansor Jatibarang, Brebes bagikan sembako ke anak yatim (Foto: NU Online/Wasdiun)
Brebes, NU Online
Sedikitnya 600 orang menerima manfaat program bantuan Ansor #SemuaBisaMakan di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Bantuan berupa beras, mie instan, dan masker disalurkan melalui Ranting Ansor se-Kecamatan Jatibarang. 
 
Para penerima tampak sumringah saat mendapat bantuan di tengah pandemi Covid 19. Bantuan Ansor sangat berarti di tengah pandemi Covid-19, terutama bagi warga yang kehilangan pekerjaan. 
 
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Jatibarang Ircham Arifudin menjelaskan, dari 600 paket bantuan Ansor program #SemuaBisaMakan diperuntukkan bagi anak yatim sebanyak 555 paket dan sisanya dibagikan kepada Abang becak di sekitar Pasar Jatibarang.
 
"Agar tidak terjadi kerumunan, penyaluran bantuan melalui 19 Ranting GP Ansor," bebernya Senin (20/4).
 
Dijelaskan, bantuan berasal dari 90 dermawan atas nama perorangan dan lembaga.  Hingga saat dibagikan terkumpul total donasi mencapai Rp16 juta, 11,8 kwintal beras, 45 dus mie instan, 2 dus minyak goreng, dan 999 masker kain.
 
Lebih lanjut Ircham menjelaskan bahwa program #SemuaBisaMakan merupakan program Ansor Brebes dalam upaya mencegah dampak corona (Covid-19) secara ekonomi. 
 
"Anak-anak yatim menjadi sasaran penerima manfaat program ini dikarenakan mereka dan keluarganya yang secara langsung lebih merasakan dampak pandemi," tuturnya. 
 
Sedangkan pembagian masker kain lanjutnya, merupakan bentuk sosialisasi dan pembelajaran Ansor kepada masyarakat akan pentingnya menggunakan masker saat keluar rumah yang berfungsi untuk keselamatan dan melindungi dirinya dari potensi persebaran penularan virus dari seseorang yang mungkin terinveksi virus atau sedang sakit. 
 
"BNPB menyatakan bahwa masker kain dapat menangkal persebaran virus hingga 70%. Meski demikian masyarakat diminta untuk melakukan social distancing atau jaga jarak saat memiliki kegiatan penting di luar rumah dan sebaiknya tetap di rumah saja," tandas Ircham.
 
Ketua PC Ansor Brebes Ahmad Munsip menyampaikan ucapan terima kasih secara khusus kepada seluruh warga Jatibarang yang turut berpartisipasi mewujudkan program Ansor #SemuaBisaMakan. Sudah selayaknya kita bersama saling membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak pandemi Covid-19 ini.
 
"Ansor di semua tingkatan kepengurusan berkomitmen membantu pemerintah untuk melawan Covid-19 dan mencegah dampak yang ditimbulkannya dengan cara yang kami mampu," pungkasnya. 
 
Kontributor: Wasdiun
Editor: Abdul Muiz
Posisi Bawah | Youtube NU Online