Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Corona, ISNU Blitar Serahkan Tabung Cuci Tangan untuk Masjid

Cegah Corona, ISNU Blitar Serahkan Tabung Cuci Tangan untuk Masjid
Tabung cuci tangan bantuan PC ISNU Blitar kepada sejumlah masjid. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Tabung cuci tangan bantuan PC ISNU Blitar kepada sejumlah masjid. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Blitar, NU Online
Segala ikhtiar harus dilakukan demi memastikan bahwa penyebaran virus Corona dapat dikendalikan, bahkan dihentikan. Yang harus dilakukan antara lain dengan menjaga kebersihan tangan karena anggota tubuh ini kerap bersentuhan dengan benda lain. 
 
Karena itu, Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Blitar, Jawa Timur menyerahkan tabung tempat cuci tangan atau westafel kepada Takmir Masjid Al-Musthofa, Udanawu, Blitar. Penyerahanan dilakukan oleh Sekretaris PC ISNU Blitar, Imam Maliki kepada imam Masjid Al-Musthofa, Kiai Imam Makrus, Selasa (21/4).
 
Kegiatan ini berlangsung di pelataran masjid dan disaksikan jajaran pengurus Takmir masjid Al-Musthofa, anggota Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 dan warga sekitar.
 
“Tabung westafel kami serahkan terima kepada Takmir Masjid Al-Musthofa dengan harapan semoga fasilitas ini benar-benar dimanfaatkan para jamaah dan masyarakat,’’ ujar Imam Maliki saat acara penyerahan.
 
Imam Maliki menyampaikan Tim Gugus Tugas ISNU merupakan tim kepanjangan tangan dari Tim Gugus Tugas NU Kabupaten Blitar. Sehingga di dalam tugasnya selalu bekerja sama dengan badan otonom NU yang lain seperti Ansor dan Banser. 
 
“Ini merupakan ikhtiar ISNU dalam rangka ikut serta memutus tali penyebaran virus Corona di wilayah Blitar karena musibah harus kita atasi bersama,” ungkap mantan bendahara Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jatim ini.
 
Menurut Maliki, sebelumnya tim Gugus Tugas dari ISNU, juga melakukan edukasi dan pembagian sembako kepada masyarakat yang berdampak dari virus Corona. Selain itu juga melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah dan tempat ibadah di beberapa kecamatan. 
 
“Sebelumnya kami juga membagikan sembako dan penyemprotan di rumah warga dan tempat-tempat ibadah,’’ ungkap Maliki.
 
Ini dilakukan oleh ISNU, lanjut Maliki, sebagai ikhtiar lahir untuk mencegah musibah Covid-19 sekaligus upaya batin dengan memperbanyak amal salih. 
 
“Kita sebagai muslim harus taat kepada Allah, rasul dan pemimpin. Apa yang  kita lakukan saat ini bagian dari perintah itu bahwa kalau pimpinan memerintah harus kita laksanakan agar terhindar dari musibah,’’ ungkapnya.
 
Sementara itu Kiai Imam Makrus mewakili Takmir Masjid Al-Musthofa menyampaikan terima kasih kepada tim ISNU Kabupaten Blitar. Karena telah memberikan bantuan alat kebersihan yang dibutuhkan semua jamaah dan masyarakat. 
 
“Terima kasih atas bantuan ini semoga berkah dan manfaat,” ungkapnya. 
 
 
Kontributor: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi

 
BNI Mobile