Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
PEDULI COVID-19

Bermunajat dengan Istighotsah KH M Hasyim Asy'ari 

Bermunajat dengan Istighotsah KH M Hasyim Asy'ari 
Dua kader IPNU Jombang mendampingi cucu KH M Hasyim Asy'ari, Gus Fahmi, membacakan istighotsah. (Foto: Istimewa)
Dua kader IPNU Jombang mendampingi cucu KH M Hasyim Asy'ari, Gus Fahmi, membacakan istighotsah. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online 
Hingga kini, upaya untuk mengusir wabah virus corona (Covid-19) terus dilakukan oleh warga Nahdliyin di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Baik upaya lahir maupun batin sama-sama ditempuh berbagai kalangan warga NU di Kota Santri ini. 
 
Salah satu upaya batin seperti istighotsah diselenggarakan IPNU-IPPNU Jombang secara daring (dalam jaringan), Selasa (21/4). Menariknya, dalam kegiatan ini adalah pembacaan istighotsah tidak seperti istighotsah yang dibaca oleh banyak orang pada umumnya. Namun, istighotsah yang biasa diamalkan oleh Hadratussyekh KH M Hasyim Asy'ari semasa hidupnya.

Hal tersebut dimaksudkan untuk lebih memantapkan keyakinan para kader muda NU akan mudahnya pintu langit terbuka dengan wasilah Mbah Hasyim. Sehingga dengan perantara itu, Allah SWT mengabulkan doa mereka dan wabah Corona segera lenyap dari muka bumi.

"Tujuan kita mengetuk pintu langit agar Covid-19 segera berakhir, khususnya di Jombang dan umumnya di Indonesia," kata Ketua PC IPNU Jombang, Muhammad Subhan.

Dijelaskannya, pembacaan istighotsah diikuti oleh kader IPNU-IPPNU se-Jombang. Mereka membacanya dengan serentak di rumah masing-masing mengikuti siaran langsung melalui media sosial PC IPNU-IPPNU Jombang. Adapun yang memimpin istighotsah tersebut adalah cucu Mbah Hasyim sendiri, yakni KH Fahmi Amrullah Hadziq (Gus Fahmi) dari kediamannya didampingi beberapa kader IPNU.

"Beliau (Gus Fahmi) sekaligus mengijazahkan istighotsah itu kepada kader IPNU-IPPNU, sehingga bisa diamalkan rutin oleh mereka," ungkap Subhan.

Sementara itu, Ketua PC IPPNU Jombang Sri Dewi Lestari mengungkapkan, kegiatan tersebut juga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Ia berharap, wabah Covid-19 mulai mereda, sehingga kaum muslimin bisa menjalankan ibadah puasa dan amaliyah-amaliyah Ramadhan dengan normal.

"Semoga ramadhan ini Allah beri keberkahan serta menghapus dosa dan penyakit Covid-19 yang sedang melanda bangsa ini, sehingga kita akan lebih tenteram dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan," tuturnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Departemen Dakwah IPNU Jombang Robby Irkham menambahkan, di samping pembacaan istighotsah, kegiatan ini juga dirangkai dengan khataman Al-Qur'an oleh kader IPNU-IPPNU di masing-masing kecamatan. Panitia penyelenggara menyebut dengan khatamil Qur'an 21 Majelis.

"Kami berupaya memberi semangat kepada kader IPNU-IPPNU di tingkat kecamatan dan desa untuk mengadakan kegiatan walau di tengah masa pendemi, tetap produktif di saat Wabah Covid-19, seraya memohon kepada Allah agar wabah ini segera berakhir," ungkapnya.

Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Musthofa Asrori
BNI Mobile