Lawan Corona, Nahdliyin Lamongan di Perantauan Bantu Warga Kampung Halaman

Lawan Corona, Nahdliyin Lamongan di Perantauan Bantu Warga Kampung Halaman
Pengurus Fatayat dan Muslimat Desa Kebalankulon, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur membagikan sembako kepada warga setempat. (Foto:Istimewa)
Pengurus Fatayat dan Muslimat Desa Kebalankulon, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur membagikan sembako kepada warga setempat. (Foto:Istimewa)
Lamongan, NU Online
Pimpinan Ranting (PR) Nahdlatul Ulama (NU) Desa Kebalankulon, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menggelar gerakan sosial dengan berbagi ribuan masker dan ratusan paket sembako kepada warga masyarakat Desa Kebalankulon. Rata-rata penerima adalah warga yang terdampak Covid-19.
 
Uniknya, dana yang digunakan untuk kegiatan ini sebagian berasal dari Nahdliyin di desa setempat yang ada diperantauan. Murni dari perantau setidaknya ada 10 juta rupiah, kemudian donasi ditambah oleh masyarakat di desa ini menjadi 60 juta lebih.
 
"Alhamdulillah dalam satu minggu dapat mengumpulkan dana Rp62.020.000 dan 1.561 masker, dan sebagian besar donasi tersebut berasal dari warga perantauan," kata Ketua PRNU Desa Kebalankulon, H Syafi’i, Sabtu (25/4).
 
Menurutnya, ide awalnya PRNU prihatin dengan keadaan masyarakat yang sulit ekonominya selama Covid-19. Wabah Covid-19 tentu mengurangi intensitas kerja warga, sehingga PRNU Kebalankulon mencoba untuk ikut andil dalam meringankan beban warga.
 
Kemudian dibukalah posko penerimaan bantuan. Semua dana itu diakumulasikan dalam 600 paket sembako.
 
Rasa peduli warga perantauan terhadap persoalan Covid-19 di samping sebagai tindak lanjut dari instruksi presiden atas pelarangan mudik, juga melihat kondisi yang terjadi di Kabupaten Lamongan yang termasuk zona merah Covid-19.
 
"Meskipun dalam kondisi yang susah, warga NU yang ada diperantauan cukup antusias ikut berdonasi demi desa tercinta," ujarnya. 
 
Syafi'i menjelaskan gerakan sosial ini digerakkan oleh seluruh badan otonom (Banom) NU di Desa Kebalankulon. Mereka turun kepada masyarakat setempat untuk mengumpulkan donasi menghadapi wabah Covid-19.
 
Selanjutnya, aksi pembagian masker dan sembako juga mendapat apresiasi dan dukungan dari jajaran Forkopimcam Sekaran dan Pemerintah Desa Kebalankulon.
 
Hal ini diungkapkan Kepala Desa Kebalankulon Sumardi Hanif yang sangat mengapresisasi kegiatan ini. Karena sangat membantu warganya.
 
"Saya berharapan nanti kegiatan serupa bisa diikuti organisasi lain," ungkapnya.
 
Ia mengungkapkan terimakasih atas kegiatan sosial yang telah dilakukan PRNU Kebalankulon. "Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih buat PR NU Desa Kebalankulon telah membantu warga," tutupnya.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile