Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Covid-19, Satgas NU NTB Peduli Berbagi APD ke Rumah Sakit

Cegah Covid-19, Satgas NU NTB Peduli Berbagi APD ke Rumah Sakit
Satgas Peduli PWNU NTB serahkan APD ke rumah sakit (Foto: NU Online/Samsul Hadi)
Satgas Peduli PWNU NTB serahkan APD ke rumah sakit (Foto: NU Online/Samsul Hadi)
Mataram, NU Online
Semakin mewabahnya virus Corona (Covid-19) khususnya di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) membuat Satuan Tugas (Satgas) Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus bergerak membantu masyarakat.
 
Salah satu kegiatannya yakni memberikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas Medis yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Propinsi NTB.
 
Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Satgas Covid-19 NU NTB H Lalu Aksar Ansori dan rombongan yang diterima langsung oleh Direktur RSUD NTB  dokter H Lalu  Hamzi Fikiril di RSUD NTB Jalan Prabu Rangkasari Dasam Cermen Mataram, Sabtu (25/04) pagi.
 
"Kami mewakili jajaran dokter di RSUD mengucapkan terima kasih atas bantuan APD dari Satgas NU NTB. Alat ini sangat membantu kami dalam penanganan pasien terpapar virus Corona di NTB," ujar dr Hamzi.
 
Disebutkan, APD saat ini tidak hanya di butuhkan saat menangani PDP saja, akan tetapi ODP dan pasien lainnya juga di tim medis memsti memakainya itu untuk menjaga keselamatan tim medis.
 
Ketua Satgas Covid-19 NU NTB H Lalu Aksar Ansori menyampaikan bahwa membagi APD kepada tim medis merupakan bentuk simpati terhadap tim medis yang tak kenal lelah dan tak megenal waktu dalam bekerja.
 
"Peran dokter sebagai garda terdepan dalam pencegahan Covid-19 dan penanganan pasien harus mendapatkan perlindungan yang memadai, termasuk ketersediaan APD ini," ungkapnya.
 
Sekretaris PWNU NTB ini juga menyebutkan bahwa tim medis sendiri rela jauh dari keluarga karena pekerjaan yang sangat berisiko meingat taruhan nyawa bagi mereka.
 
"Para petugas ini mempertaruhkan nyawa demi tugas mulia. Oleh karena itu, kita wajib membantu apa yang bisa kita lakukan demi keselamatan para medis dan pasien," ucapnya.
 
Apa yang telah NU berikan lanjutnya, merupakan simbol dukungan kepada tim dokter, meskipun jumlahnya tidak seberapa. "Nilainya mungkin tak seberapa, tapi ini bentuk kepedulian nyata," terangnya.
 
Lebih jauh Aksar menyampaikan, di luar dari ini (bagi APD) Satgas Covid-19 NU NTB telah memberikan edukasi, kampanye, dan berbagi masker, sanitizer bahkan sembako juga telah diberikan kepada masyarakat umum terdampak.
 
Di samping itu tambahnya, PWNU NTB juga ia ikut mengawal proses kepulangan santri dari pulau Jawa dan kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI).
 
"Kami akan terus memberikan semangat, mendukung, dan medoakan para tim medis untuk selalu menjaga kesehatan meski orang kesehatan namun karena ini tugas yang berat," pungkasnya.
 
Kontributor: Hadi
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile