Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
PEDULI COVID-19

Lomba Vidgram, Kreativitas di Era Corona ala Pelajar NU Batang

Lomba Vidgram, Kreativitas di Era Corona ala Pelajar NU Batang
Ilustrasi media sosial. (Foto: Freepik)
Ilustrasi media sosial. (Foto: Freepik)
Batang, NU Online
Adanya pandemi virus Corona (Covid-19) tidak membatasi berbagai kreativitas. Seperti  yang dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang mengadakan lomba vidgram memperingati Hari Kartini tahun 2020 kemarin.

Ketua PC IPNU Kabupaten Batang Sarifudin mengatakan, lomba Vidgram merupakan lomba membuat video pendek di media sosial Instagram. Lomba yang digelar selama dua pekan, 17-30 April 2020, tersebut berhasil menarik perhatian warganet.

Dengan mengusung tema ‘Kartini Masa Kini, Inspirasi Bagi Negeri’, kata dia, kegiatan itu mampu memunculkan antusiasme yang sangat besar di kalangan para pelajar NU Kabupaten Batang. Buktinya, tercatat 25 video yang diterima panitia.

“Para pemenang lomba secara resmi diumumkan oleh panitia lewat akun @pelajarnubatang pada Senin (4/5) setelah berunding dengan tim. Juara pertama lomba Vidgram ini adalah akun @cndyul atau Chindy Utami Lindia Wati, pelajar Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal, Batang,” ungkapnya.

Sementara itu, juara kedua dimenangkan pemilik akun @pripnuippnubanjiran dari IPNU Ranting Banjiran, Kecamatan Warungasem. Sedangkan pemilik akun @khoirin_2570 atau Khoirin Vangkek Lung dari Desa Klawen, Kecamatan Bawang, sebagai juara ketiga.

Ia menambahkan, lomba ini sebagai wujud refleksi di kalangan pelajar untuk semakin meneladani sosok pahlawan yang telah memperjuangkan emansipasi perempuan dalam berkehidupan seperti Raden Ajeng (RA) Kartini.

“Acara ini sekaligus meningkatkan kreativitas serta merespon pelajar NU menghadapi Society 5.0 atau Masyarakat 5.0, di mana era disrupsi semuanya akan mengalami perubahan, termasuk dalam memberikan pesan terhadap sesama pelajar yaitu melalui vidgram ini,” ujarnya kepada NU Online, Selasa (5/5).

Hal senada dikatakan Ketua PC IPPNU Batang Maulinatus Sholikhah, bahwa lomba Vidgram tersebut untuk meningkatkan daya kreativitas pelajar di era digitalisasi, juga sebagai refleksi perjuangan RA Kartini yang sangat menginspirasi kaum muda, khususnya kalangan perempuan.

"Di masa RA Kartini saja, beliau bisa menghasilkan banyak karya dan gagasan yang cemerlang. Padahal belum memiliki kemerdekaan dalam  berfikir, bertindak maupun belajar. Sedangkan kita yang sudah memiliki kemerdekaan seharusnya mampu mencontoh. Bahkan, harus lebih dari apa yang telah beliau lakukan,” tegasnya.

Ia berharap, masa pandemi ini tidak hanya digunakan untuk bermalas-malasan dan rebahan saja. Akan tetapi, sebagai pelajar harus tetap produktif. “Nah, dengan diadakannya lomba ini diharapkan mampu membuat pelajar perempuan khususnya harus mampu menginspirasi semua,” tambahnya.

Sebagai panitia, Roni Ainun Najib berterima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada segenap pelajar NU Batang yang telah berpartisipasi dengan mengirimkan karya-karya terbaiknya. Adapun hadiah akan dikirim ke alamat masing-masing pemenang.
    
“Lomba ini tetap memperhatikan SOP (Standard Operasional Prosedur), sehingga tidak melanggar aturan yang telah dibuat pemerintah. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga  keamanan dan kesehatan di tengah merebaknya pandemi Corona,” tutupnya.

Kontributor: Sulfiana
Editor: Musthofa Asrori
BNI Mobile