Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cara NU Metro Jaga Ketahanan Pangan saat Pandemi

Cara NU Metro Jaga Ketahanan Pangan saat Pandemi
Penyerahan bantuan paket sembako PCNU Kota Metro kepada MWCNU se-Kota Metro di Posko Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Kota Metro, Rabu (6/5). (Foto: Istimewa)
Penyerahan bantuan paket sembako PCNU Kota Metro kepada MWCNU se-Kota Metro di Posko Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Kota Metro, Rabu (6/5). (Foto: Istimewa)
Metro, NU Online
Semua elemen masyarakat saat ini harus memerhatikan dampak ekonomi yang semakin nyata dirasakan akibat pandemi Covid-19. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi bantuan untuk ketahanan ekonomi dan melakukan antisipasi masalah ketahanan pangan masyarakat.
 
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Metro, Lampung KH Ali Qomaruddin Al-Hafidz mengatakan hal itu saat menyerahkan bantuan paket sembako PCNU Kota Metro kepada MWCNU se-Kota Metro. Penyerahan bantuan berlangsung di Posko Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Kota Metro, Rabu (6/5).
 
Paket bantuan yang diberikan ini akan diteruskan kepada Ketua Ranting NU yang selanjutnya didistribusikan kepada warga yang berhak menerima.
 
Bantuan ini menurut Kiai Ali merupakan upaya nyata PCNU Kota Metro secara mandiri melalui Satgas NU Peduli Covid-19 dalam membantu masyarakat. Kemandirian organisasi, khususnya Nahdlatul Ulama harus terus ditingkatkan dengan bergerak mandiri tanpa tergantung dengan anggaran pemerintah dan partai politik.
 
"Sahabat-sahabat tetap konsisten bergerak bersama LAZISNU dan lembaga serta Banom NU yang lain untuk menggerakan dan menggali potensi pengurus dan warga NU dalam berkhidmat kepada masyarakat melalui Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Metro," pesannya kepada anggota Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Kota Metro.
 
Ia juga berpesan kepada Satgas untuk menindaklanjuti program dan kegiatan sosial ini dengan serius. Dengan personil yang masih muda dan energik, Satgas Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Metro diharapkan mampu berkiprah dengan mobilitas tinggi menanggulangi dampak-dampak yang muncul akibat wabah Covid-19.
 
Sementara Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Metro Joko Prayitno menyampaikan paket sembako yang didistribusikan saat ini berupa 700 Paket dengan satu paket senilai Rp115.000. Paket tersebut berisi makanan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, mie instan, dan susu.
 
Ia menambahkan bahwa sejak tanggal 29 Maret 2019, timnya sudah melakukan banyak program dan kegiatan dalam membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran dan mengatasi dampak pandemi Covid-19 di Kota Metro. Mulai pembagian cairan dan penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan hand sanitizer serta tempat cuci tangan, juga kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga melalui berbagai media dan saat ini pembagian sembako.

Sesuai pesan dari Ketua PCNU Kota Metro, pihaknya juga juga sedang merencanakan program kedepan terkait dengan kelanjutan gerakan menjaga ketahanan pangan ini.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile