NU Kabupaten Pasuruan Bagikan Ribuan Masker untuk Pengurus

NU Kabupaten Pasuruan Bagikan Ribuan Masker untuk Pengurus
PCNU Kabupaten Pasuruan saat memberikan masker kepada pedagang dan pengunjung pasar. (Foto: NU Online/Makhfud)
PCNU Kabupaten Pasuruan saat memberikan masker kepada pedagang dan pengunjung pasar. (Foto: NU Online/Makhfud)
Pasuruan, NU Online
Pastikan Pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya, mengakibatkan dampak yang sangat serius dalam kehidupan masyarakat. Baik dalam bidang ekonomi, kesehatan,  pendidikan bahkan kegiatan keagamaan. Terutama kegiatan keagamaan dalam bulan suci Ramadhan.
 
Sejak awal, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mendukung ikhtiar berbagai kalangan khususnya pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19. Bahkan telah mengeluarkan pedoman beribadah di bulan Ramadhan di tengah pandemi.
 
Sebagai langkah lanjutan, kali ini Satgas pencegahan Covid-19 membagikan masker sebanyak 13.363 kepada 19 kepengurusan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di wilayah Kabupaten Pasuruan.
 
KH Saiful Anam Chalim kepada media ini menjelaskan bahwa pada Kamis (7/5), kegiatan pembagian masker dilaksanakan serentak di 19 MWCNU. 
 
“Selanjutanya, masker diberikan kepada pengurus NU dan badan otonom baik di tingkatan MWCNU maupun pengurus ranting,” kata  Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut.
 
Dijelaskannya, pembagian masker dilakukan agar pengurus NU menjadi teladan di masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker dalam kegiatan keagamaan bulan Ramadhan pada khususnya dan kegiatan sehari-hari.
 
Dirinya menjelaskan bahwa sangat penting menerapkan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker. “Hal itu untuk pencegaham penyebaran Covid-19 dalam aktivitas keagamaan dan sehari-hari,” jelasnya.
 
Dikemukakan bahwa selaku pengurus harus memberi contoh, seperti yang dipesankan Ketua PCNU bahwasanya jamiyah harus hadir saat dibutuhkan masyarakat.
 
Gus Saiful juga tidak menampik kalau ketersediaan masker tidak akan cukup menjangkau seluruh pengurus. Karenanya, inisiatif dari pengurus lain dapat dilakukan agar benar-benar menerapkan standar kesehatan sesuai prosedur.
 
"Mohon agar setiap MWCNU dan ranting bisa membuat masker sendiri atau hal lain yang dapat membantu masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19," harap dosen ITSNU Pasuruan tersebut.
 
Selama ini, berbagai kegiatan dilakukan PCNU setempat dalam mendukung anjuran pemerintah saat penyebaran virus Corona. Edukasi disampaikan kepada warga dengan pembagian pamflet protokol kesehatan maupun masker untuk jamaah masjid besar di 19 MWCNU yang ada.
 
Yang juga dilakukan adalah dengan membagikan paket kebutuhan harian kepada keluarga terdampak virus Corona seiring dengan diberlakukannya pembatasan kegiatan di luar rumah. 
 
 
Kontributor: Makhfud
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile