IMG-LOGO
Nasional

Rakornas LP Ma'arif, Kiai Said Tekankan Keseimbangan Kebudayaan dan Kesejahteraan

Sabtu 9 Mei 2020 10:00 WIB
Rakornas LP Ma'arif, Kiai Said Tekankan Keseimbangan Kebudayaan dan Kesejahteraan
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj saat menyampaikan amanatnya pada Rakornas LP Ma'arif NU daring yang dipandu Sekretaris LP Ma'arif NU Harianto Oghie
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif secara virtual pada Jumat (8/5).

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Said menekankan agar LP Ma'arif dapat mengambil peran dalam menyeimbangkan kebudayaan berbasis pendidikan dan peradaban yang berasal dari kesejahteraan.

Pasalnya, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta Selatan itu melihat masih banyak tantangan untuk mencapai hal tersebut.

Namun, ia meminta LP Ma'arif agar dapat sukses dan berhasil mewujudkan kebudayaan yang kuat dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ketua LP Ma'arif PBNU KH Zainal Arifin Junaidi menyampaikan bahwa ada lima proses yang diterapkan untuk menuju harapan Kiai Said tersebut sebagai tugas dan fungsi kelembagaan.

"Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pendidikan LP Ma'arif NU menerapkan konsep ta'lim (pengajaran), tarbiyah (pengasuhan), tadris (pembelajaran), ta'dib (penyempurnaan akhlak) dan tahdzib (pemeliharaan akhlak)," katanya.

Kelima proses tersebut, jelasnya, saling melengkapi dan tidak bisa dipisah-pisahkan. Pasalnya, hal tersebut merupakan satu rangkaian proses.

Proses secara bertahap dan proporsional itu diyakini mampu memberikan pembekalan pengetahuan (knowledge), keterampilan dan keahlian (skill), sikap (attitude), dan kemampuan sebagai makhluk sosial akan tercapai. "Dengan demikian, tsaqafah dan hadlarah akan terwujud secara proporsional," ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus LP Ma'arif dari tingkat wilayah (provinsi) hingga cabang (kabupaten/kota) dari seluruh Indonesia.

Kiai Zainal Arifin menjelaskan bahwa Rakornas dilakukan sebagai upaya menyatukan visi LP Ma'arif NU di semua tingkatan pengurus. Sekarang semua wilayah telah berusaha mewujudkan visi LP Ma'arif NU yakni 'Penyelenggara pendidikan yang mandiri, profesional, dan kompetitif dalam bingkai Ahlussunnah wal Jamaah an-nahdliyah'," ujarnya.

Rakornas juga merupakan langkah untuk mempersamakan persepsi dan langkah dalam menjalankan tugas dan fungsi LP Ma'arif NU sebagaimana diamanatkan oleh AD/ART NU.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Abdullah Alawi 
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG