IMG-LOGO
Daerah

Rumah 3 Anak Yatim Terbakar, Ansor Kubu Raya Bantu dari Iuran Sukarela

Senin 11 Mei 2020 10:00 WIB
Rumah 3 Anak Yatim Terbakar, Ansor Kubu Raya Bantu dari Iuran Sukarela
Ansor Banser Kubu Raya, Kalimantan Barat serahkan bantuan ke warga yang rumahnya terbakar (Foto: Dok Ansor Kubu Raya)
Kubu Raya, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) GP Ansor bersama Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Sungai Ambwang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat memberikan bantuan kepada warga RT 15 RW 25 Desa Lingga yang rumahnya ludes terbakar. 
 
Ketua PAC GP Ansor Sungai Ambwang Ahmad Taufiq Akbar mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial Ansor-Banser terhadap korban yang mengalami musibah kebakaran rumah warga yang terjadi beberapa hari yang lalu di Desa Lingga.
 
"Kami, Ansor dan Banser secara sukarela berusaha membantu semampu kami pada yang membutuhkan," kata Taufiq pada NU Online, Ahad (10/5).
 
Bantuan berupa paket sembako dan uang tunai diberikan dengan harapan meringankan penderitaan korban kebakaran, terlebih bagi tiga bersaudara, Muh. Zubir, Mahriah, dan Muhammad Sohibul Hikam yang sudah tak memiliki ayah dan ibu. Hidup di bulan Ramadhan yang dibayangi pandemi tentu bukan soal mudah.
 
"Apalagi korban ini adalah yatim piatu," ujarnya.
 
Sebagai informasi, kebakaran terjadi dini hari sekitar pukul 03.00 ketika warga tengah bangun untuk menikmati santap sahur dikagetkan dengan ada kobaran api di rumah korban. Besarnya kobaran api ditambah kepanikan suasana kala itu sudah tidak memungkinkan untuk memadamkan api. 
 
Maka, rumah dan barang-barang berharga yang ada di dalamnya tidak bisa diselamatkan, warga yang menyaksikan kejadian tersebut hanya bisa menyelamatkan nyawa sang pemilik rumah dari amukan si Jago Merah.
 Kejadian itulah yang mendorong para kader muda Nahdlatul Ulama langsung merespon dengan mengumpulkan donasi. 
 
“Walaupun nilainya tidak seberapa, setidaknya bisa ikut membantu meringankan beban korban,” kata Agus.
 
Lebih lanjut Agus menjelaskan, Ansor-Banser memang memiliki jiwa korsa (semangat kebersamaan dan berbagi-red), dan kepedulian terhadap anggota maupun masyarakat di wilayah Sui Ambawang Kubu Raya. 
 
"Pola pendidikan dan pelatihan dalam tataran pengkaderan Ansor-Banser memang memprioritaskan hal itu. Kami Ansor-Banser, memang dicetak untuk bergerak membantu secara langsung pada masyarakat. Ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat sekaligus cara menjaga keutuhan negara. Negara ini bisa damai dan tentram karena adanya kepedulian satu sama lain," jelasnya.
 
Selain dari iuran para kader Ansor-Banser, Agus menyebut bantuan juga diterima dari Indonesia Peduli dan Bersatu, sebuah gerakan persatuan antar komunitas lintas iman yang bersatu untuk membantu siapa yang membutuhkan uluran tangan.

"Secara berjenjang dari cabang (PC GP Ansor Kabupaten Kubu Raya-red) penyalurannya diserahkan kepada kami PAC GP Ansor Sungai Ambawang. Karena itu kami perlu juga menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang mendukung maupun bekerja sama dalam kegiatan sosial kami," pungkasnya.
 
Kontributor : Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG