IMG-LOGO
Nasional

TV9 Tayangkan Program Pesantren Ramadhan bagi Pelajar

Senin 11 Mei 2020 10:45 WIB
TV9 Tayangkan Program Pesantren Ramadhan bagi Pelajar
TV9 Nusantara. (Foto: TV9 Official)
Surabaya, NU Online
Pandemi tak boleh mengurangi mutu pendidikan agama. Bersama Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Kota Surabaya, TV9 Nusantara melakukan inovasi program Pesantren Ramadhan melalui siaran televisi.

Diberi titel Pesantren Ramadhan Ceria, siaran ini akan berlangsung selama enam hari, dimulai Senin, 11 Mei 2020 hari ini dan akan berakhir pada Sabtu, 16 Mei 2020. Jam tayang dipilih pagi, pukul 07.30-09.00 WIB sebelum siswa mengikuti program pendidikan wajib via TVRI  

Ustadz Zainal, dari Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Kota Surabaya menyebutkan Pesantren Ramadhan ini baru untuk pelajar SD dan SMP untuk mengganti program pesantren ramadhan di sekolah masing-masing yang harus dibatalkan akibat pandemi corona.

"Sesuai surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, seluruh anak didik kami, pelajar SD dan SMP di Surabaya wajib mengikuti program ini melalui siaran TV9 Nusantara dengan pendampingan guru agama dan orang tua masing-masing," jelas Ustadz Zainal.

Jadwal Pesantren Ramadhan Ceria dibagi menjadi tiga sesi. Pukul 07.30-08.00 untuk sesi SD kelas 1-2-3, sedangkan pukul 08.00-08.30 untuk kelas 4-5-6 SD. Sementara tingkat SMP pukul 08.30 hingga 09.00. Selama 90 menit program ini akan tayang di layar kaca.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#DiRumahAja bukan berarti tidak belajar atau mengaji. Besok pagi jangan sampai bangun kesiangan. Catat jam tayangnya ya.. Pesantren Ramadhan Ceria #NgajiDariRumah dengan materi Al Qur'an dan Hadits mulai pukul 07.30 WIB hanya di #TV9nusantara . @dispendiksby @surabaya @info_surabaya @dindik_jatim @tri.rismaharini --------------------- INILAH RAGAM CARA NONTON TV9 NUSANTARA #DiRumahAja #AksesMultiPlatform Dari HP bisa via Kanal Youtube: TV9 Official https://youtu.be/Z9iH6aotKCw Atau aplikasi android/IoS di MNC Vision+, MNC Now, Oona, UseeTV Go, TV9 Now, GreenPages, dll. TV streaming: www.tv9.co.id/stream Times Indonesia: https://www.timesindonesia.co.id/stream/d/tv9 Via Parabola cari di Satelit Palapa-D Indosat Frek 3825 SR 1700 Pol.Ver. Yang di Surabaya dan sekitarnya di kanal antena analog 42 UHF Yang punya TV Berlangganan/PayTV, simak via FirstMedia, Indihome, TransVision, K-vision, BIGTV, SMV Freesat Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, #NgajiDariRumah di #RamadhanMulia TV9 Nusantara. . @firstmediaworld @useetv @indihome @mncplayid @mnc.now @transvisionid @kvisiontv @oonatv.id

Sebuah kiriman dibagikan oleh TV9 NUsantara (@tv9nusantara) pada 10 Mei 2020 jam 7:43 PDT


Ustadz Zainal menambahkan, dalam setiap harinya ada satu mata pelajaran/pokok bahasan yang menjadi menu sesuai tiga tangkatan tadi. Sehingga total ada enam materi video yang bisa dinikmati: Al-Qur'an Hadits (Senin), Doa Harian (Selasa), Akidah (Rabu), Akhlak (Kamis), Fiqih (Jumat) dan Sabtu menayangkan mata pelajaran Tarikh (sejarah).

Program ini mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Via berbagai grup WA, Ustadz Zainal melaporkan banyak GPAI dari berbagai daerah di luar Surabaya yang mengkonfirmasi siap bergabung dan mengajak anak didiknya menonton TV9 Nusantara sebagai Program Pesantren Ramadhan di sekolahnya masing-masing. "Ini kabar yang menggembirakan bagi kami," sambungnya.

Respon positif juga datang dari Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur yang juga Sekretaris PWNU Jawa Timur, Prof Akh. Muzakki.

"Ini keren karena inovatif banget. Ruang kependidikan agama yang selama ini tidak ada yang memainkan. Bahkan ke depan perlu diinisiasi pembelajaran agama kependidikan menggunakan aplikasi melibatkan sponsorship. Kelas menengah Muslim akan menyambut baik," kata Prof Zakki.

Program Pesantren Ramadhan Ceria ini Bisa diikuti di layar kaca TV9 Nusantara secara multiplatform melalui TV kabel, TV satelit, TV antena analog (Surabaya), berbagai aplikasi android/iOs serta melalui streaming di kanal youtube TV9 Official, Apllikasi TV9 Now serta via streaming Times Indonesia.

Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG