Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Habiskan Puluhan Juta, LAZISNU Kudus Bangun Kembali Rumah Suroto 

Habiskan Puluhan Juta, LAZISNU Kudus Bangun Kembali Rumah Suroto 
Suroto pemilik rumah (tengah duduk) saat menerima penyerahan rumah yang selesai dibangun LAZISNU Kudus (Foto: NU Online/M Farid)
Suroto pemilik rumah (tengah duduk) saat menerima penyerahan rumah yang selesai dibangun LAZISNU Kudus (Foto: NU Online/M Farid)
Kudus, NU Online
Pembangunan rumah milik Suroto warga Desa Kaliputu, yang ambruk akibat hujan lebat pada awal tahun 2020 oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah telah selesai. 
 
Penyerahan secara resmi dilakukan oleh Ketua LAZISNU Kabupaten Kudus H Ihdi Fahmi Tamami kepada Suroto disaksikan jajaran pengurus LAZISNU dan warga setempat, Ahad (10/5).
 
Hadir pula pada kesempatan itu, jajaran pengurus harian LAZISNU Kabupaten Kudus bersama Ketua RW setempat. Mengenakan baju batik dan sarung putih, Suroto menerima bantuan rumah tersebut dengan penuh syukur dan haru. 
 
“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur LAZISNU Kabupaten Kudus mau membangun kembali rumah saya, semoga ini akan membawa manfaat dan berkah yang melimpah bagi semua utamanya NU,” ujar Suroto. 
 
Ketua LAZISNU Kabupaten Kudus, H Ihdi Fahmi menyatakan, bantuan rumah untuk warga ini bukan yang pertama kali dilakukan. Hanya saja, pembangunan rumah Suroto kali ini yang menghabiskan total anggaran paling banyak, yakni senilai 50 juta rupiah. 
 
"Selama membantu merehab rumah warga, rumah Suroto paling banyak memerlukan dana pembangunan, alhamdulillah bisa diselesaikan sesuai rencana," ungkapnya.
 
Rumah Suroto tersebut dibangun oleh LAZISNU Kudus yang didukung oleh pengurus ranting NU setempat dan donatur yang selama ini bersedekah lewat LAZISNU. 
 
“Memang tidak semua donasi dalam bentuk uang, ada yang berupa material bangunan seperti semen, pasir, dan batu. Saya juga berterimakasih kepada para donatur yang sangat membantu dalam suksesnya program-program LAZISNU Kudus,” jelasnya.
 
Disampaikan, berbagai program telah dipersiapkan sebagai agenda tetap LAZISNU Kudus. Selain bedah rumah warga, ada juga santunan yatim piatu, beasiswa santri, pembinaan UMKM, dan kegiatan lainnya.

"Saat ini LAZISNU tengah menyiapkan program santunan 10.000 paket sembako. Sasaran program tersebut nantinya akan diserahkan kepada warga pra sejahtera, yatim piatu, dan guru ngaji," bebernya. 
 
Ia berharap program ini akan tepat sasaran diterima oleh warga yang benar-benar layak dan membutuhkan. 
 
“Kami juga masih berharap dukungan warga NU, khususnya pengurus NU, baik di tingkat ranting, MWC, maupun cabang untuk suksesnya program tersebut,” terang Ihdi.
 
Adapun donasi bisa disalurkan secara langsung ke Kantor LAZISNU Kabupaten Kudus di Jalan Pramuka No 21 Mlati Kudus. Selain itu, juga bisa disalurkan via online dan transfer ke rekening LAZISNU Kabupaten Kudus, sebagaimana yang tertera dalam edaran yang ada. 
 
Kontributor: M Farid
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile