Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU-Pergunu Jombang Peduli Guru Terdampak Covid-19

LAZISNU-Pergunu Jombang Peduli Guru Terdampak Covid-19
Serah terima bantuan peduli Covid-19 oleh LAZISNU Jombang kepada Pergunu. (Foto: Istimewa)
Serah terima bantuan peduli Covid-19 oleh LAZISNU Jombang kepada Pergunu. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus bergerak membantu masyarakat terdampak Covid-19. Kali ini bersinergi dengan Persatuan Guru NU (Pergunu) membantu para guru yang berada di bawah garis koordinasi badan otonom yang menaungi guru NU.
 
Pergunu di Kota Santri ini membawahi cukup banyak guru NU yang tersebar di berbagai kecamatan. Mereka termasuk bagian dari pihak yang tedampak Covid-19, karena aktivitas keguruan atau pengajaran sementara berhenti di sekolah-sekolah. Sebagian tugas dan tanggung jawabnya dimonitor dari rumahnya masing-masing.
 
Untuk itu LAZISNU hadir di tengah pandemi membantu para guru untuk meringankan beban ekonomi yang harus dipikul meski bantuan tersebut tidak secara keseluruhan bisa mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka.
 
"Pergunu yang merupakan Banom dari NU maka sewajarnya bersinergi dengan LAZISNU, meski saat ini belum maksimal," kata Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin, Senin (11/5).
 
LAZISNU memberikan batuan dana sebesar 5 juta rupiah dan 1.800 masker kepada Pergunu. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pergunu, H S Arifin di Kantor LAZISNU, Jl. Gatot Subroto No. 04, Jelakombo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.
 
LAZISNU sepenuhnya menyerahkan kepada Pergunu terkait pelaksanaan teknis di lapangan. Diharapkan bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran dan memprioritaskan guru NU yang taraf ekonominya menengah ke bawah.
 
Pria yang akrab disapa Gok Din ini meminta, Pergunu ke depan juga bisa memaksimalkan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) di lingkungan guru. Ia memandang ada potensi besar pengelolaan ZIS di kalangan guru-guru NU jika dikelola dengan baik.
 
"Ke depan kami berharap Pergunu bisa menjadi penggerak ZIS di kalangan guru-guru NU. NU sudah punya LAZISNU, maka kewajiban kita semua membesarkan dan mensyiarkannya," harap Gok Din.
 
Sementara itu, H S Arifin menilai bahwa bantuan yang diberikan LAZISNU datang pada situasi yang sangat tepat. Banyak guru NU yang saat ini memang membutuhkan uluran tangan pihak dermawan. Situasi pandemi Covid-19 saat ini sangat mempengaruhi sendi-sendi kehidupan.
 
"Alhamdulillah, saat yang tepat bagi PC Pergunu Jombang untuk turut membantu para PAC Pergunu se-Jombang bergerak hadir dalam membantu guru NU terdampak Covid-19," ujarnya.
 
Ia juga mengapresiasi gerakan LAZISNU yang dinilai cukup responsif terhadap situasi dan kondisi yang tengah dihadapi guru NU saat ini.
 
"Terima kasih LAZISNU Jombang atas bantuan dan kerja sama yang baik ini. Semoga selalu dimudahkan oleh Allah SWT," tutupnya.
 
Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin
Posisi Bawah | Youtube NU Online