IMG-LOGO
Daerah

Inilah Kebersamaan NU Lampung Tengah dalam Tanggulangi Dampak Covid-19

Senin 18 Mei 2020 14:00 WIB
Inilah Kebersamaan NU Lampung Tengah dalam Tanggulangi Dampak Covid-19
Banser Lampung Tengah membagikan takjil gratis. (Foto: Istimewa)
Lampung Tengah, NU Online
Geliat kebersamaan dan kepedulian keluarga besar NU Kabupaten Lampung Tengah pada masyarakat dibulan Ramadhan 1441 H semakin terasa. Apalagi Ramadhan kali ini, masyarakat masih berada pada situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda. Berbagai aksi sosial dilakukan Badan Otonom dan lembaga NU untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 sekaligus mengurangi dampak negatif yang ditimbulkannya.
 
Wakil Ketua PCNU Lampung Tengah Kiai Aminan memberikan respon positif dengan semakin bergeliatnya keluarga besar NU Lampung tengah yang dipelopori Lembaga dan Banomnya dalam aksi filantropi ini. Aksi ini adalah salah satu bukti konkret NU hadir di tengah-tengah masyarakat, lebih-lebih dalam suasana duka pandemi Covid-19 ini.
 
“Gerakan NU peduli Covid-19 di Kabupaten Lampung Tengah mulai dari penyemprotan disinfektan, pembagian masker, sosialisasi kesehatan, memperbanyak doa dari para ulama-ulama NU, pembagian sembako, dan lain-lain terus dilakukan,” katanya.
 
Gerakan yang sedang dilaksanakan saat ini di antaranya membagikan ratusan takjil gratis dan ratusan nasi kotak kepada masyarakat dan pengguna jalan raya di wilayah perempatan Kampung Kotagajah, Ahad (17/5) petang.
 
Kegiatan yang dipelopori oleh PC LAZISNU Lampung Tengah ini menurut koordinator kegiatan Imam Rofi’I, diharapkan mampu memotivasi elemen-elemen lain dan warga NU untuk lebih semangat dalam membantu sesama.
 
Alhamdulillah dibantu sahabat-sahabat GP Ansor, Banser, Fatayat NU, dan lain-lain mendapat respon luar biasa, dan kita maksimalkan di bulan Ramadhan ini untuk pembagian takjil yang sudah dikemas, dan akhirnya mendapat sambutan masyarakat yang luar biasa, katanya.   
 
Sementara wakil Ketua PC LAZISNU Lampung Tengah, Cecep Jamani menambahkan, kegiatan tersebut bukan yang pertama kali dilakukan. Beberapa waktu lalu PC LAZISNU Lampung Tengah  bersama pengurus PC IPNU-IPPNU Lampung Tengah juga telah membagikan  300 paket sembako bagi masyarakat yang terdampak ekonomi di Lampung tengah.
 
“Kami bagikan  kepada 300 kepala keluarga khususnya warga NU yang terkena dampak Covid-19 di enam kecamatan, yakni Seputih Banyak, Way Seputih, Seputih Raman, Kotagajah, Seputih Raman dan Gunung Sugih,” jelasnya.
 
Dukungan  agar kegiatan sukses juga dilakukan oleh PC Fatayat NU Lampung Tengah dengan mengerahkan potensi kader mudanya dalam pembagian takjil ini, mulai dari iuran, memasak, mengemas, dan lain-lain. 
 
“kegiatan ini adalah kegiatan rutin keluarga besar NU di wilayah Kabupaten Lampung Tengah, semua elemen menjadi satu atas nama kemanusiaan, kebetulan di tahun ini bangsa kita, bahkan dunia mendapatkan musibah global Covid-19,” kata Sekretaris PC Fatayat NU Lampung tengah, Siti Maysaroh.
 
Bukan hanya pengurus NU Kabupaten Lampung Tengah, pengurus NU kecamatan juga melakukan hal serupa di antaranya di Kecamatan Bangunrejo yang membagikan ratusan paket nasi kotak kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19.
 
Kegiatan yang dimotori oleh NU Care-LAZISNU kecamatan setempat ini merupakan  hasil kerjasama dengan Pengurus Wilayah NU Care-LAZISNU Provinsi Lampung melalui program Warung Makan Gratis.
 
Puluhan kader Pemuda Ansor dan Banser di kecamatan lain yakni Kecamatan Seputih Raman juga kompak membagikan ratusan takjil gratis dan ratusan lembar masker kepada para pengendara yang melintasi pasar Rukti Harjo Seputih Raman, Lampung Tengah.
 
Kontributor: Akhmad Syarief Kurniawan
Editor: Muhammad Faizin
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG