IMG-LOGO
Daerah

Cara Ansor Katingan Bantu Petani Ikan Keramba dan Terdampak Covid-19

Senin 18 Mei 2020 23:00 WIB
Cara Ansor Katingan Bantu Petani Ikan Keramba dan Terdampak Covid-19
Kader Ansor saat berikan ikan nila kepada warga (Foto: dokumen Ansor Kabupaten Katingan)
Katingan, NU Online
Dampak ekonomi adanya pandemi Covid-19 sangat dirasakan masyarakat. Banyak orang kehilangan mata pencaharian, pemutusan hubungan kerja (PHK), dan sebagainya sehingga berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat. 
 
Tak luput dari hal itu para petani ikan keramba yang ada di Kecamatan Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah yang kian sepi pembeli.
 
Memperhatikan hal itu, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Katingan di bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah membantu masyarakat kurang mampu di tengah pandemi Covid-19 dengan cara membagikan ikan nila yang dibeli dari para petani keramba. Selain itu, Ansor Katingan juga masih membagikan paket sembako.
 
"Masyarakat saat ini kesulitan sekali, kerjaan tidak ada, penghasilan petani ikan kurang minat pembeli, uang yang diperoleh untuk membeli keperluan rumah tangga sangat sedikit, bahkan pinjam ke sana ke mari mencari yang bisa membantu mereka," kata Koordinator lapangan Ahmad Riyandi kepada NU Online, Ahad (17/5).
 
Ansor lanjutnya, bersama Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Katingan berusaha terus bergerak membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan di masa pandemi ini.  
 
Ketua GP Ansor Katingan Anwar Ilahi mengatakan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat di masa sulit ini. “Hari ini kami dari Ansor dan Banser Katingan membantu para petani ikan nila dengan membeli dan membagikan kepada masyarakat,” katanya. 

Dilatakan, dengan membeli ikan para petani ikan keramba yang ada di Kasongan dan para petani pun turut memberikan sumbangan ikan untuk dibagikan kepada masyarakat.
 
“Kami berupaya membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan kami, terutama di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ini, semoga dilipatgandakan amal dan ibadah kita semua,” tuturnya.
 
Dia berharap, bantuan ikan dapat menambah gizi bagi keluarga dalam kategori miskin atau kurang mampu yang ada beberapa lokasi pendataannya. “Ikan nila ini kami bagikan di tiga titik, yakni di Kasongan, Bukit Batu Manuah, dan Kereng Pangi,” jelasnya.
 
Anwar juga berharap situasi dan kondisi yang tak menguntungkan ini segera berakhir, tentunya masyarakat juga harus mengikuti anjuran pemerintah dengan berperilaku hidup sehat, menjaga jarak, sering mencuci tangan, dan tetap di rumah jika tak ada keperluan yang mendesak. 
 
Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG