IMG-LOGO
Daerah

Peduli Fasum, Fatayat NU Lamongan Sediakan Toilet Hingga Tempat Wudlu

Selasa 19 Mei 2020 11:00 WIB
Peduli Fasum, Fatayat NU Lamongan Sediakan Toilet Hingga Tempat Wudlu
Serah terima pembangunan fasilitas umum oleh PC Fatayat NU Lamongan. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Lamongan, NU Online
Sejumlah fasilitas umum (fasum) cukup sulit didapatkan di berbagai tempat. Banyak faktor yang membuat keadaan tersebut yakni bisa karena perhatian pejabat setempat yang minim atau juga warga sekitar. Diperlukan kerja sama semua kalangan agar masalah dapat diurai dan dicarikan solusinya.
 
Semangat ini pula yang ada di benak Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama Lamongan, Jawa Timur. Melalui program ‘Tepat-Peduli Infratruktur’ melakukan aksi sosial dengan membangun fasum. 
 
"Untuk dapat membangun sejumlah fasilitas ini, kami menggandeng BTPN Syariah, alhamdulillah dapat memberikan bantuan fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi dan tempat wudlu,” kata Siti Suwaibatul Aslamiyah, Senin (18/5).
 
Dijelaskan Ketua PC Fatayat NU Lamongan tersebut bahwa amal sosial dilaksanakan di Dusun Mojokerep, Kecamatan Tikung, lebih tepatnya TPQ al-Mukarrom.
 
Suwaibah, sapaan akrabnya  mengemukakan bahwa fasilitas umum seperti toilet mendesak untuk didirikan di berbagai kawasan. Demikian pula kamar mandi maupun tempat wudlu. Hal tersebut sebagai sarana untuk memudahkan warga sekitar.
 
Namun demikian, untuk dapat membangun segala fasilitas tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak kecil. Perlu ada terobosan dan kemauan kuat dari berbagai pihak agar hal tersebut dapat tercapai.
 
 “Karenanya perlu ada kerja sama yang intensif dengan berbagai kalangan. Termasuk kalau yang kami lakukan adalah degan menggandeng BTPN Syariah,” kata perempuan yang juga dosen di Universitas Islam Lamongan (Unisla) ini.
 
Dirinya berharap kerja sama ini bisa terlaksana secara berkelanjutan dan merata di semua kecamatan. Sehingga akan semakin banyak fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan warga. Demikian pula dapat mengajak kalangan lain agar keinginan membangun fasilitas serupa dapat segera terwujud.
 
Atas adanya program ini, Ari selaku Kepada Desa Wonokromo mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas nama masyarakat. Dirinya juga berharap fasilitas dapat dijaga dengan baik, sehingga semakin berguna bagi warga.
 
"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat untuk kami, masyarakat Mojokerep dan juga santri-santri TPQ al-Mukarrom," katanya.
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG