Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sejumlah Langkah Fatayat NU Tangsel di Tengah Wabah Corona

Sejumlah Langkah Fatayat NU Tangsel di Tengah Wabah Corona
null
null
Tangsel, NU Online
Di tengah pandemi global seperti saat ini, Fatayat NU Tangsel tetap berkiprah terus berusaha memberikan manfaat dan maslahat bagi umat. Berbagai rangkaian kegiatan terkait Fatayat Peduli Covid-19 dilaksanakan oleh Fatayat NU Tangsel.
 
Seperti pada Ahad (17/5), Fatayat NU Tangsel melakukan bakti sosial dengan membagikan sembako. Sumber bantuan ini adalah hasil pengalangan dana yang dilakukan dari mulai tanggal 1-16 Mei 2020. Di mana telah terkumpul 80 paket sembako yang setiap paket berisi 5 kilogram beras, minyak goreng 2 liter, 1 kg gula pasir, terigu, 5 buah mie instan, dan 1 pack mie gelas.
 
"Sembako ini kemudian didistribusikan kepada seluruh kader Fatayat NU Tangsel yang terkena dampak Covid-19, yang persebarannya di tujuh kecamatan yang ada di Tangsel," kata Ketua PC Fatayat NU Tangsel, Nurul Mudrika.

Kegiatan penggalangan dana ini kemudian diikuti oleh beberapa Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Tangsel, yaitu PAC Serpong, PAC Pamulang, dan PAC Pondok Aren yang dihimpun oleh tiap PAC secara mandiri.
 
"Dengan modal bismillah dan tekad bulat, Allah mudahkan penggalangan
dana ini, meski hanya dengan mengirim selembar surat permohonan donasi dan flyer kegiatan melalui WhatsApp ke nomor kontak yang tersedia di HP. Alhamdulillah dari tanggal 18 April-16 Mei 2020 transferan donasi masuk ke rekening yang di-share," ujar Sahabati Zuliati Rasyidah yang merupakan Ketua PAC Fatayat NU Serpong.
 
Hingga akhirnya panitia baksos dapat mendistribusikan 295 paket sembako kepada 70 anggota PAC Fatayat NU Serpong dan warga yang berhak dibantu lainnya di wilayah kelurahan Rawa Mekar Jaya dan wilayah kecamatan Serpong lainnya. Ada juga yang dialokasikan ke Gunung Sindur sebanyak 3 paket sembako, Cisauk sebanyak 2 paket sembako, Cilenggang 1 paket sembako, Batan Serpong 1 paket sembako, Lengkong Gudang Timur sebanyak 15 paket sembako, dan selebihnya diberikan kepada masayarakat di wilayah kecamatan Serpong lainnya.
 
Pengalokasian sembako tersebut didasarkan karena ada anggota Fatayat NU Tangsel yang tempat kerjanya di Serpong tapi rumahnya di daerah-daerah tersebut.
 
Sebelumnya PAC serpong ini pun sudah berdonasi menjelang bulan suci Ramadhan. Lalu untuk PAC Fatayat NU Pamulang juga mandiri memberikan 20 paket sembako pada Sabtu, 16 Mei 2020 dan akan menggalang donasi lagi setelah Lebaran Idul Fitri. Sementara PAC Fatayat NU Pondok Aren masih menggalang dana hingga H-3 Idul Fitri, dan sudah terkumpul 35 paket sembako yang isinya sama seperti di atas.
 
Pada awal mula pandemi ini masuk ke Indonesia, Fatayat NU Tangsel juga telah mengadakan Kuliah Whatsapp atau KulWap dengan tema “Waspada Covid-19, Kenali Gejala dan Pencegahannya”. Kegiatan ini berlangsung sebelum bulan Ramadhan, tepatnya pada hari Jumat, 20 Maret 2020 pukul 20.00-21.30 WIB.
 
Rangkaian kegiatan berikutnya adalah pembagian masker pada tanggal 20 April 2020 dan tanggal 1 Mei 2020 sekaligus pembagian takjil gratis bagi masyarakat sekitar yang dilaksanakan oleh PAC Fatayat NU Pamulang.
Sementara itu, Fatayat NU Tangsel juga melaksanakan program rutinan yaitu Khatmil Qur'an yang diadakan setiap hari selama bulan Ramadhan dengan target 10 kali khatam. Sebetulnya program ini sudah berjalan sejak lama sebelum Ramadhan yang biasanya dilaksanakan dua minggu sekali bersamaan dengan pengajian rutin dwimingguan.
 
Selain itu, Fatayat NU Tangsel juga melaksanakan 'Ngaji Daring' yang diisi dengan pembacaan doa khatmil Qur'an, pembacaan Ratibul Haddad, dan kajian menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 22 April 2020 via aplikasi Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh kader Fatayat NU Tangsel.
 
Kontributor: Siti Nurjannah
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile