Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
PEDULI COVID-19

Melalui ‘MaSBrO’, IPNU-IPPNU Rembang Wujudkan Cinta Rasul

Melalui ‘MaSBrO’, IPNU-IPPNU Rembang Wujudkan Cinta Rasul
Majelis Sholawat al-Barzanji Online (MaSBrO) diluncurkan IPNU-IPPNU Rembang untuk para pencinta Rasulullah SAW. (Foto: Dok. IPNU Rembang)
Majelis Sholawat al-Barzanji Online (MaSBrO) diluncurkan IPNU-IPPNU Rembang untuk para pencinta Rasulullah SAW. (Foto: Dok. IPNU Rembang)
Kudus, NU Online
Di tengah pandemi Covid-19, kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW tetap harus diwujudkan. Untuk mewujudkan cinta itu, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Rembang, Jawa Tengah merilis ‘Majelis Sholawat al-Barzanji Online’ yang disingkat MaSBrO. 

Ketua PC IPPNU Rembang Sulcha Kulliyyatina menjelaskan, program yang diinisiasi oleh Departemen Organisasi Pelajar NU ini mengajak rekan dan rekanita PC IPNU-IPPNU Rembang untuk membaca sholawat al-Barzanji secara bergantian sesuai pembagian yang telah ditentukan. Pembacaannya dilakukan secara daring.

“Jadi, ada MC-nya. Terus ada yang membaca Yaa Rabbi shalli, Laqad Jaakum, Yaa Rasulallah, pembacaan al-Barzanji dan sholawat nabi,” tuturnya kepada NU Online Selasa (19/5) malam.

Ia menambahkan, kader-kader yang ikut mendapatkan bagian diwajibkan mengirimkan video dengan membacakan jatah shalawat yang didapatkan. Kemudian setelah terkumpul akan diedit dan dijadikan satu video utuh oleh tim Departemen Kominfo.

“Output-nya akan diunggah dalam bentuk video di channel YouTube IPNU-IPPNU Rembang. Dan ini kami sudah mengumpulkan semua. Sekarang sedang dalam tahap editing,” ungkap Sulcha, sapaan akrabnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Departemen  Organisasi PC IPPNU Rembang Winarsih menjelaskan, pertimbangan lain pelaksanaan MaSBrO tersebut karena beberapa kader IPNU-IPPNU Rembang memiliki bakat tarik suara. Sayangnya, kurang PD (percaya diri) untuk tampil di muka umum.

“Kami berusaha menyalurkan bakat-bakat mereka. Oleh karena itu, kami buat majelis sholawat al-Barzanji yang disingkat MaSBrO ini,” ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa pembacaan shalawat al-Barzanji merupakan kegiatan rutin tiap malam Jumat. Di tingkat ranting, biasanya dilaksanakan tiap akhir pekan. Sedangkan di tingkat PAC dan PC pelaksanaannya setiap bulan sekali.

Ia mengungkapkan, kader IPNU-IPPNU Rembang menyambut baik shalawatan daring tersebut. Terlihat dari banyaknya kader yang turut berpartisipasi. Namun, dengan pertimbangan durasi yang singkat, sehingga dipilihlah beberapa peserta saja.

“Selepas lebaran video tersebut akan dirilis di akun YouTube milik pelajar NU Rembang ini,” tutur Winarsih.

Dilansir dari website milik PC IPNU-IPPNU Rembang, MaSBrO yang diikuti oleh sejumlah pelajar NU Rembang tersebut sebagai bentuk mengisi kegiatan Ramadhan yang bersifat sukarela. Seluruh peserta yang mengikuti MaSBrO wajib mengenakan jas IPNU-IPPNU pada saat pembacaan shalawat al-Barzanji.

Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori
BNI Mobile