Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banjir Bandang, TRC LAZISNU Kendal Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak

Banjir Bandang, TRC LAZISNU Kendal Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak
TRC LAZISNU Kendal berikan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang (Foto: Dokumen LAZISNU Kendal)
TRC LAZISNU Kendal berikan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang (Foto: Dokumen LAZISNU Kendal)
Kendal, NU Online
Banjir bandang yang menerjang warga Dusun Klantung, Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah belum lama ini telah memorakporandakan rumah dan isinya serta lahan pertanian. 
 
Bermula dari curah hujan yang tinggi mengakibatkan arus sungai sangat deras. Bahkan berdasar video amatir yang beredar, air sempat merendam jembatan gantung yang berada di atas Bendungan Sojomerto. Akibatnya, Sungai Blukar meluap dan memutus puluhan akses jalan yang ada di Desa Sojomerto,  Kecamatan Gemuh.
 
Selain itu, peristiwa tersebut mengakibatkan puluhan rumah warga terdampak banjir, sekitar 25 hektar lahan pertanian warga yang berisi tanaman jagung, pisang dan pohon jati tersapu banjir bandang.
 
Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal yang telah memiliki Tim Reaksi Cepat (TRC) datang menyapa dan memberikan batuan kepada warga yang tertimpa musibah tersebut. 
 
"Kemarin, LAZISNU Kendal membagikan sebanyak 80 paket sembako cinta. Jumlah tersebut sesuai data warga yang terdampak musibah banjir," kata Ketua LAZISNU Kendal Khusnul Huda di Graha PCNU Kendal Jalan Soekarno-Hatta, Kabupaten Kendal, Rabu (20/5).

Dikatakan, pihaknya mengerti penderitaan masyarakat. Oleh karena itu, LAZISNU Kendal selalu berusaha hadir menjawab persoalan sosial masyarakat. 

"Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan beban warga yang beberapa hari lalu terkena banjir bandang," ucapnya. 
 
Ketua LAZISNU Kecamatan Gemuh Mas'ud Azizi mengatakan, banjir tersebut bukan yang pertama kali ini terjadi. "Ini bukan yang pertama, kata Pak Hartadi selaku Kepala Dusun Klantung, banjir bandang kali ini merupakan yang terbesar dari yang pernah terjadi sebelumnya," ungkapnya.
 
Menurut Mas'ud, hal tersebut merupakan salah satu bukti konsentrasi LAZISNU Kendal terhadap persoalan sosial yang terjadi di masyarakat. "Sudah banyak masyarakat yang menerima manfaat adanya koin LAZISNU Kendal. Setiap ada kejadian langsung kami koordinasikan ke Cabang dan langsung direspons," ujarnya.
 
Sebagai informasi, LAZISNU Kendal dalam setiap programnya berusaha hadir dengan memberikan tawaran solusi atas permasalahan yang ada. "Ada TRC, ada ambulan gratis, bantuan bibit, dan sebagainya. Kami di kecamatan bisa mengakses dengan cepat," pungkasnya.
 
Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile