IMG-LOGO
Daerah

Gugas NU Bangkalan Salurkan '1 Juta Sembako Rakyat' LAZISNU Jatim

Jumat 22 Mei 2020 17:30 WIB
Gugas NU Bangkalan Salurkan '1 Juta Sembako Rakyat' LAZISNU Jatim
Warga di Bangkalan menerima santunan program 1 Juta Sembako Rakyat LAZISNU Jatim. (Foto: NO Online/Abdullah Hafidi)
Bangkalan, NU Online 
Dalam rangka meringankan beban masyarakat terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Pengurus Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur terus berupaya meminimalkan dampak kesulitan pangan masyarakat.
 
Kali ini, Gugus Tugas atau Gugas Siaga Covid-19 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan dipercaya menjadi bagian pendistribusian dari program LAZISNU Jawa Timur yaitu 'Satu Juta Sembako Rakyat' tersebut. Warga yang belum mendapatkan bantuan imbas dari dibatasinya akses keluar, merupakan prioritas menerima paket ini.
 
Disampaikan Mohammad Rofii Boenawi selaku Sekretaris PW NU Care-LAZISNU Jatim bahwa paket yang diberikan sebagai amanah yang diberikan maestro Campursari Dionisius Prasetyo atau lebih dikenal Didi Kempot sebelum tutup usia. Bahwa almarhum menggelar konser amal dari rumah untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. 
 
Konser online digelar untuk mengajak para sobat ambyar atau fans fanatiknya agar tetap kuat melewati situasi pandemi. Pada konser tersebut, Didi Kempot mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudik ke kampung halaman sebagai pencegahan penularan Covid-19.
 
“Dari konser tersebut, Nahdlatul Ulama mendapat Rp2 miliar yang disalurkan ke PBNU yang diwujudkan untuk pengadaan Sembako dan didonasikan kepada warga NU dan dhuafa,” katanya. 
 
Kepercayaan sobat ambyar kepada NU diharapkan akan meningkatkan semangat para pengurus dan relawan untuk memutus mata rantai Covid-19. Dijelaskannya bahwa bantuan dari sobat ambyar terkumpul total Rp7 miliar. Rp2 miliarnya dipercayakan kepada PBNU, sedangkan PWNU Jawa Timur juga mendapat kepercayaan untuk membagikan seribu paket Sembako ke setiap daerah.
 
“Termasuk di Madura dan kepulauannya seperti Raas, Masalembu, Kangean, bahkan Bawean," jelasnya. Dan bantuan sepenuhnya dipercayakan kepada LAZISNU daerah yang kemudian dibantu Gugas Covid-19 setempat, lanjutnya.
 
Untuk di Bangkalan, pendistribusian dilakukan di Dusun Tlagah Desa Jukong dan Dusun Galis Desa Sendang Laok, Kecamatan Labang. Kala itu  mendapatkan pendampingan langsung dari Wakil Ketua PCNU Bangkalan, KH Idul Fitri.
 
"Atas pendistribusian seratus paket Sembako di lingkungan PCNU Bangkalan sebagai bagian dari program NU ‘Satu Juta Sembako Rakyat' saya sampaikan terima kasih kepada LAZISNU Jatim. Semoga bermanfaat," ucap pria yang akrab disapa Kiai Id tersebut.
 
Warga penerima bantuan ini pun merasakan manfaat dari sembako tersebut, apalagi di tengah masa sulit pandemi. Bagi mereka, kegiatan yang dilakukan NU benar-benar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat kurang mampu.
 
“Terutama dalam kondisi merebaknya wabah seperti sekarang," ucap salah seorang keluarga penerima.
 
 
Kontributor: Abdullah Hafidi
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG