Sebulan Berbagi dari PMII Jakarta Timur

Sebulan Berbagi dari PMII Jakarta Timur
null
null
Jakarta, NU Online
Selama Ramadhan ini, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jakarta Timur turut menjemput keberkahan dengan program-progra peduli antarsesama. Program pertama yang dilaksanakan dari awal bulan Ramadhan adalah Lumbung Sahur dan Berbuka.
 
"Melalui program ini, dikumpulkan bantuan berupa uang tunai, makanan siap saji, serta bahan makanan (sembako). Kemudian disalurkan kepada masyarakat," kata Adam Perdana, Ketua PC PMII Jakarta Timur. 
 
Menurut dia, dalam pengumpulan dan penyaluran dilaksanakan dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan dan keamanan dari pemerintah dalam upaca pencegahan Covid-19.
 
"Dengan agenda pertama tanggal 5 Mei 2020 di daerah Klender Duren Sawit, Jakarta Timur membagkan sekitar 100 takjil untuk berbuka puasa bagi masyarakat yang membutuhkan di wilayah tersebut," imbuhnya.
 
Berikutnya, pada minggu kedua bulan Ramadhan denan membagikan 100 makanan siap saji untuk berbuka di daerah Rawamangun, Jakarta Timur. Agenda ini diikuti ketua dan pengurus Komisariat se-Jakarta Timur.
 
"Agenda ketiga, hampir sama dengan minggu lalu di sekitar wilayah Matraman Jakarta Timur. Dan terakhir di minggu keempat bulan suci Ramadhan berkolaborasi dengan kegiatan Pengurus Komisariat PMII Universitas Islam Asyafi’iyah membagikan 100 makanan siap saji di sekitar perbatasan wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan Kota bekasi yang memisahkan Kecamatan Pondok Gede dan Makasar," papar Adam lebih lanjut. 
 
Namun, imbuh dia, tak hanya makanan logistik lain seperti pakaian untuk menyambut Hari Raya pun dibagikan di wilayah Pinang Ranti tepatnya di 'Kampung Pemulung'. Hal ini dilakukan karena warga yang tinggal memerlukan uluran tangan dari masyarakat berkecukupan yang dapat membantu.
 
"PC PMII Jak-Tim dan PK PMII UIA menyerahkan langsung bantuan kerumah rumah warga didaerah tersebut didampingi oleh pengurus Komisariat Kecamatan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) dan mendapatkan respons yang sangat baik dari warga sekitar," katanya.
 
Program terakhir yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri, dengan melaksanakan kegiatan Bagi Gaji yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2020. Hari itu dilakukan pendistribusian bantuan berupa sembako dari Merah Putih Peduli. Sasarannya adalah warga di wilayah Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.
 
"Dengan harapan pandemi tidak menghalangi menyambut hari kemenangan di bulan Ramadhan bagi saudara kita yang membutuhkan. Kita harus yakin pandemi pasti berakhir bersama kita bangun solidaritas kemanusiaan untuk Indonesia bangkit menuju kesejahteraan," pungkasnya.
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile