Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Jelang Tradisi Meugang, PMII Bagikan Masker di Pasar Lhokseumawe

Jelang Tradisi Meugang, PMII Bagikan Masker di Pasar Lhokseumawe
Pengunjung pasar menerima pembagian masker yang dilakukan PC PMII Kota Kota Lhokseumawe. (Foto: NU Online/Fauzan)
Pengunjung pasar menerima pembagian masker yang dilakukan PC PMII Kota Kota Lhokseumawe. (Foto: NU Online/Fauzan)
Lhokseumawe, NU Online
Di kawasan Aceh ada kebiasaan unik yakni berbelanja daging sebelum hari raya Idul Fitri. Pada momen ini biasanya pengunjung dan pembeli terlihat demikian antusias. Pasar menjadi sesak karena para pengunjung membludak.
 
Sebagai bentuk tanggung jawab atas penyebaran virus Corona, Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Lhokseumawe, Aceh membagikan sejumlah masker kain. Kegiatan sebagai acara tahap kedua yang pada Jumat (22/5) menyapa pengunjung di Pasar Pusong Kota Lhokseumawe.
 
Pembagian ratusan masker kain tersebut merupakan bagian dari bakti PMII Lhokseumawe dalam peran mendukung kerja pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.
 
“Kegiatan juga ikut mensosialisasikan instruksi Wali Kota Lhokseumawe untuk masyarakat agar menggunakan masker bila keluar rumah atau berada di tempat ramai,” kata Reza Rizki.
 
Ketua PC PMII Kota Lhokseumawe ini mengemukakan perlunya masker untuk pencegahan Covid- bagi masyarakat pedagang dan pembeli di pasar. Mengingat konsentrasi massa pada hari meugang atau kebiasaan belanja daging di Aceh sebelum hari raya Idul Fitri sangat tinggi.
 
"Pembagian masker di pasar kita anggap penting karena mengingat besok adalah hari meugang. Tentu interaksi masyarakat akan lebih banyak di pasar," ungkap Tum Reza, sapaan akrabnya.
 
Dirinya menyebutkan untuk saat ini, Aceh masih dalam zona aman terkait penyebaran Covid-19. Kendati demikian, segala ikhtiar harus dilakukan termasuk berdoa agar pandemi menjauh dari Bumoe Rencong.
 
PMII juga mengimbau kepada mahasiswa kader PMII untuk ikut mensosialisasikan gerakan memakai masker sebagai wujud kasih sayang kaum muda kepada masyarakat.
 
Dalam pandangannya, masyarakat harus betul-betul yakin jika memakai masker sangat bermanfaat dan bukan hanya terhindar dari pandemi.
 
“Yang terpenting melindungi kita dari penyakit lainnya yang disebabkan debu dan asap kendaraan di jalanan," tegas Tum Reza. Untuk ke depan, PMII Lhokseumawe akan terus menggalakkan gerakan mengenakan masker bagi masyarakat di Lhokseumawe, lanjutnya. 
 
Sementara Armadi, Ketua Gugus Tugas Relawan Covid-19 PC PMII Lhokseumawe mengatakan PMII adalah bagian dari Gugus Tugas Relawan Covid-19 PMII Aceh yang berposko di Banda Aceh. Pada waktu sebelumnya telah membagikan 10.000-an masker di seluruh Aceh melalui PMII Cabang di seluruh kabupaten dan kota.
 
"Masker kain yang kita bagikan hari ini adalah sumbangan dari beberapa pihak mitra PMII. Amanah ini telah kita sampaikan dengan harapan semoga bermanfaat bagi masyarakat," harap Armadi.
 
 
Kontributor: Fauzan
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile