Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peduli Nasib Tukang Kebun Sekolah, LAZISNU Sidoarjo Kirim Santunan

Peduli Nasib Tukang Kebun Sekolah, LAZISNU Sidoarjo Kirim Santunan
Penyerahan dana zakat fitrah oleh NU Care-LAZISNU kepada PC LP Ma'arif NU Sidoarjo. (Foto: NU Online/Yuli R)
Penyerahan dana zakat fitrah oleh NU Care-LAZISNU kepada PC LP Ma'arif NU Sidoarjo. (Foto: NU Online/Yuli R)
Sidoarjo, NU Online
Hari raya Idul Fitri tahun ini berbeda dari biasanya, sebab adanya pandemi Corona (Covid-19) yang masih merebak. Ini tentunya berdampak terhadap perekonomian warga khususnya para tukang kebun dan tukang kebersihan sekolah.
 
Sudah hampir tiga bulan ini sejumlah lembaga pendidikan formal libur yang berdampak kepada penghasilan mereka. Untuk beralih profesi, nyaris tidak menemukan yang pas karena suasana juga kurang mendukung.
 
Sebagai wujud kepedulian terhadap tukang kebun dan tukang kebersihan sekolah, NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menyalurkan zakat fitrah berupa uang tunai total senilai Rp15 juta. Dana tersebut disampaikan melalui Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Sidoarjo.
 
Proses penyerahan dana disampaikan langsung oleh Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo, Muh Ihsan kepada Ketua PC LP Ma’arif NU Sidoarjo, H Misbahuddin. Acara dipusatkan di kantor PC LP Ma’arif NU Sidoarjo, Sabtu (23/5).
 
“Siang ini kami menyerahkan sejumlah uang zakat fitrah dari donatur kepada PC LP Ma’arif NU Sidoarjo,” kata Muh Ihsan. Dia berharap dana bisa disampaikan kepada tukang kebun dan kebersihan di sekolah yang berada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Sidoarjo.
 
Selama ini menurutnya para tukang kebun dan kebersihan di sekolah LP Ma’arif NU tersebut masih belum terpikirkan oleh beberapa pihak secara maksimal. Oleh karena itu LAZISNU hadir dengan membagikan zakat fitrah, serta ribuan masker.
 
“Oleh karena itu kita berpikiran agar zakat fitrah ini bisa tersalurkan kepada tukang kebun dan kebersihan yang ada di sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU,” katanya. Karena honor atau gaji mereka sangat minim untuk memenuhi kebutuhan hidup, lanjutnya.
 
Dengan menggandeng LP Ma’arif NU, Muh Ihsan berharap akan semakin mudah menjangkau para petugas tersebut karena memiliki data yang lengkap. 
 
“Oleh karena itu saya berharap melalui PC LP Ma’arif NU Sidoarjo ini, zakat fitrah tersebut bisa ditasharufkan kepada mereka yang paling membutuhkan,” harapnya.
 
Sementara Ketua PC LP Ma’arif Sidoarjo, H Misbahuddin menyampaikan teknis pemberian zakat fitrah yang telah diterima. Yang pasti, bahwa zakat disampaikan kepada tukang kebun dan tukang kebersihan yang ada di madrasah atau sekolah di lingkungan Ma’arif NU.
 
“Kami sampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik ini, semoga membawa manfaat bagi tukang kebun dan tukang kebersihan sekolah yang saat pandemi Covid-19 ini betul-betul membutuhkan zakat tersebut,” ungkapnya.
 
Dijelaskannya, agar tepat sasaran maka pihaknya akan menghubungi perwakilan LP Ma’arif NU di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). Mereka yang nantinya akan mengambil dana yang ada di kantor PC LP Ma’arif NU Sidoarjo. 
 
“Dari situlah masing-masing LP Ma’arif menyampaikan kepada para tukang kebun dan tukang kebersihan di madrasah yang rata-rata mendapatkan delapan amplop senilai seratus lima puluh ribu rupiah,” urainya.
 
H Misbah menjelaskan ada 227 sekolah yang ada di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Sidoarjo. Sebelumnya lembaga ini sudah banyak bekerja sama dengan LAZISNU, di antaranya penggalangan donasi bencana, Koin Muktamar NU, dan lainnya.
 
“Dengan pemberian zakat fitrah ini semoga menambah semangat para tukang kebun dan tukang kebersihan dalam bekerja, sekaligus merupakan kepedulian LAZISNU dan LP Ma’arif NU untuk meningkatkan jihad dalam memperjuangkan NU,” pungkasnya. 
 
 
Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi
 
 
BNI Mobile