RSINU Demak Salurkan Zakat Mal dan Fitrah ke Dhuafa Sekitar Rumah Sakit

RSINU Demak Salurkan Zakat Mal dan Fitrah ke Dhuafa Sekitar Rumah Sakit
Karyawan di lingkungan RSINU Demak salurkan zakat ke masyarakat sekitar rumah sakit (Foto: Dok RSINU Demak)
Karyawan di lingkungan RSINU Demak salurkan zakat ke masyarakat sekitar rumah sakit (Foto: Dok RSINU Demak)
Demak, NU Online
Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak, Jawa Tengah menyalurkan 800 paket zakat mal berisi sembako dan 275  takjil zakat fitrah dari 275 karyawannya.
 
Direktur RSINU Demak, dr Abdul Aziz mengatakan, salain itu juga disalurkan 500 bingkisan lebaran berisi beras, roti kering dan minyak kepada pihak-pihak yang berhak atas zakat dan bingkisan lebaran ini.
 
"Zakat dan bingkisan itu diberikan kepada warga yang berhak di sekitar rumah sakit, para pedagang kaki lima, pedagang asongan dan tukang becak di Demak," kata dokter Azis kepada NU Online di Demak, Sabtu (23/5).

Dikatakan, RSINU juga memberikan bantuan masker, cairan disinfektan, tanki penyemprot, dan pelindung wajah (face sheild) ke sejumlah masjid untuk menjamin keamanan para jamahnya saat menjalankan ibadah selama masa pandemi covjd-19.
 
"Bantuan ke masjid ini sudah direalisasikan sejak lama, tepatnya saat pemerintah mengumumkan darurat Corona dan akan terus dilanjutkan pada usai lebaran hingga masa darurat dinyatakan selesai," ujarnya.
 
Dia menambahkan, di tengah pandemi Corona RSINU Demak sangat aktif memberikan edukasi, advokasi, dan informasi yang mudah dipahami dalam upaya meningkatkan kemampuan publik untuk memotong mata rantai penyebaran covid 19 di masyarakat.

"Intensnya RSINU dalam berbagai aksi sosial dihatapkan dapat mempererat jalinan silaturahim manajemen rumah sakit dengan warga Demak," ungkap dokter yang juga Ketua Satgas NU Demak Peduli Covid-19 ini.
 
Ketua PCNU Demak Muhammad  Aminuddin Mas'udi mengatakan, manajemen RSINU Demak juga didorong untuk mengambil langkah yang lebih maksimal dalam menghadapi pandemi ini.
 
"Tidak hanya menyentuh sisi kesehatan saja, tetapi juga kami dorong untuk menyentuh sisi sosialnya juga," kata Aminuddin
 
Disampaikan, penyaluran zakat dan paket-paket bantuan selama pandemi Covid-19 ini merupakan aktualisasi perluasan ranah khidmah RSINU kepada masyarakat Demak.
 
"Kepada karyawan rumah sakit NU Demak kami sarankan untuk selalu mensyukuri apa yang sudah dicapai selama ini dan jangan mengeluh jika ada tugas berlebih seperti meningkatnya jumlah pasien yang harus dilayani," ujarnya.
 
Menurutnya, semakin banyaknya masyarakat yang ingin mendapat layanan kesehatan dari RSINU Demak itu menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya kepada NU.

"Ini perlu kita syukuri, penyaluran zakat dan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan merupakan salah satu bentuk ungkapan syukur ini," pungkasnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile