Hadapi Normal Baru, Ketua NU Lampung: Yang Beradaptasi Jadi Pemenang

Hadapi Normal Baru, Ketua NU Lampung: Yang Beradaptasi Jadi Pemenang
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung Prof. KH Mohammad Mukri. (Foto: Istimewa)
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung Prof. KH Mohammad Mukri. (Foto: Istimewa)
Bandarlampung, NU Online
Nahdlatul Ulama adalah organisasi yang identik dengan kumpul-kumpul. Sebagai ormas terbesar di Indonesia dan sering berkumpul dalam jumlah massa banyak, seperti pengajian dan kegiatan lainnya, NU harus mulai menyiapkan diri dengan perubahan tatanan kehidupan baru (New Normal) akibat pandemi Covid-19.
 
Terkait dengan kesiapan NU ini, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung Prof KH Mohammad Mukri mengatakan bahwa dari pengalaman sejarah dan hukum alam, yang akan menjadi pemenang dalam kehidupan ini adalah mereka yang memiliki kemampuan beradaptasi.
 
"Sudah menjadi sunnatullah bahwa yang akan eksis adalah mereka yang mampu beradaptasi," katanya saat kegiatan Halal bi Halal virtual PWNU Lampung, Selasa (26/5).
 
Pengurus dan warga NU, lanjutnya, harus mulai beradaptasi dengan cara dan paradigma baru dalam kehidupan khususnya dalam berorganisasi. Pertemuan-pertemuan virtual bisa menjadi solusi untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi agar nafas keberlanjutan organisasi bisa dipertahankan.
 
Selain itu, warga dan pengurus NU juga harus menjadi tauladan dalam menjalani situasi normal baru ini. Semua elemen NU harus mendukung segala usaha yang dilakukan dalam penanganan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan telah ditetapkan pemerintah.
 
Hal senada disampaikan juga salah satu pengurus Perkumpulan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Provinsi Lampung Khairunnisa Berawi yang mengingatkan bahwa protokol kesehatan harus diutamakan dalam situasi normal baru.
 
"Warga NU harus menjadi contoh untuk senantiasa pakai masker, melakukan social distancing di masa New Normal," katanya.
 
Penggunaan standar protokol menjadi penting karena virus Corona adalah virus baru yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya. Selain itu virus yang diduga berasal dari China ini memiliki kemampuan penularan yang sangat cepat. Sehingga jika masyarakat akan beraktivitas normal kembali seperti semula harus mengenakan protokol kesehatan.
 
Yang tak kalah penting dari semua itu menurutnya adalah senantiasa menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tetap berolahraga.
 
Dengan langkah-langkah ini, situasi normal baru yang akan diberlakukan oleh pemerintah akan dapat dijalani dengan baik sekaligus mampu terhindar dari virus Corona.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 
BNI Mobile