Lebaran Ketiga, Habib Luthfi dan Forkopimda Kunjungi Ulama Pekalongan

Lebaran Ketiga, Habib Luthfi dan Forkopimda Kunjungi Ulama Pekalongan
Habib Luthfi bin Yahya (tengah) bersama Forkopimda Kota Pekalongan saat bersilaturahim ke ulama di Lebaran hari ketiga (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Habib Luthfi bin Yahya (tengah) bersama Forkopimda Kota Pekalongan saat bersilaturahim ke ulama di Lebaran hari ketiga (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Pekalongan, NU Online
Di tengah kesibukan menerima ratusan tamu yang sowan ke kediamannya di Jalan dr Wahidin Gang 7 Noyontaan, Rais Aam Idarah Aliyah Jam'iyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Luthfi bin Yahya bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekalongan bersilaturahim ke para ulama di kota itu.

Kegiatan yang berlangsung pada lebaran ketiga, Selasa (26/5), diawali para anggota Forkopimda bersilaturahim ke rumah Habib Luthfi, kemudian ke Polsek Pekalongan Timur, Pekalongan Utara, dan beberapa tokoh ulama NU.

Pengasuh Pesantren Al-Mubarok, Medono, Kota Pekalongan yang juga Rais PCNU Kota Pekalongan KH Zakaria Ansor mengatakan, acara silaturahim keliling kepada para ulama Kota Pekalongan merupakan kegiatan yang sangat luar biasa. 

"Apalagi rombongan ini ada Habib Luthfi, Wali Kota, Wakil Wali Kota, Kapolres Pekalongan Kota, Dandim 0710/Pekalongan, Kepala Kejaksaan Negeri, dan lain-lain," ujarnya.

Dikatakan, peristiwa ini sungguh luar biasa sekali. Dirinya menyebut ini potret keharmonisan antara ulama dan umara di Kota Pekalongan bisa bersatu guyub rukun membangun Kota Pekalongan yang lebih baik.

"Silaturahim yang dirintis Habib Luthfi bin Yahya sebagai wujud kemanunggalan Ulama, TNI/Polri, pejabat, aparat dan ummat memang benar-benar luar biasa," ungkapnya.  

Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz yang menyempatkan waktu ikut berkeliling pada hari pertama masuk kerja mengatakan, gagasan dan ide yang dipelopori Habib Luthfi sangat luar biasa.

"Kebersamaan antara ulama dan umara ini bisa menjadi bukti bahwa Kota Pekalongan merupakan kota yang sejuk dan damai. Pemerintah di sini hadir, ada beberapa pejabat yang ikut silaturahim, Dandim, Kapolres, para kiai secara bersama-sama mengunjungi sesepuh Pekalongan harus bisa diteruskan pada kesempatan mendatang," ujarnya.

Menurutnya, silaturahim bersama Habib Luthfi dan Forkopimda bisa menghapus stigma negatif antara ulama dan umara tidak kompak. "Alhamdulillah, kita secara bersama-sama bisa mengunjungi sesepuh di tengah pandemi Covid-19," tuturnya.

Ketua PCNU Kota Pekalongan H Muhtarom yang juga salah satu tokoh yang mendapat kunjungan mengaku gembira. Pasalnya, apa yang menjadi keinginan Habib Luthfi selaku sesepuh bisa menggelar acara silaturahim akhirnya bisa terwujud.

"Acara yang sangat luar biasa. Di tengah kesibukan Rais Aam Jatman menerima tamu di rumahnya, Habib Luthfi di hari lebaran ketiga masih menyempatkan waktu bersama Forkopimda dan berkunjung ke rumah saya," ungkapnya.

Muhtarom berharap, kegiatan silaturahim bersama semoga bisa berlanjut dari tahun ke tahun dan benar-benar menjadi penawar di tengah kepanikan masyarakat akibat virus Corona. 

Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori
BNI Mobile