Baru Setahun, NUsantara Mart di Trenggalek Bagikan Keuntungan

Baru Setahun, NUsantara Mart di Trenggalek Bagikan Keuntungan
Karyawan NUsantara Mart Kampak, Trenggalek saat melayani pembeli. (Foto; NU Online/NU Trenggalek)
Karyawan NUsantara Mart Kampak, Trenggalek saat melayani pembeli. (Foto; NU Online/NU Trenggalek)
Trenggalek, NU Online
Bila dijalani dengan tekun dan diringi kinerja yang terukur, segala usaha akan membuahkan hasil. Kepercayaan pelanggan akan mengiringi yang ujung-ujungnya dapat menguntungkan.
 
Kondisi inilah yang bisa digambarkan dari keberadaan Nusantara Mart Kampak. Setelah genap satu tahun beroperasi, keberadaannya dapat membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada para anggota. Dari total penerimaan selama setahun, toko swalayan milik Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur tersebut mengantongi  sebesar Rp173 juta.
 
“Dari nominal tersebut, kita bagikan kepada 2.237 anggota atau pemegang saham,” kata Sekretaris Tim Sembilan NUsantara Mart Kampak, Kiai Imam Mujtahid, Rabu (27/5).
 
Pembagian SHU dilaksanakan secara bertahap, mulai tanggal 18 Mei hingga 22 Mei 2020. Mengingat, selain banyaknya pemegang saham, juga sebagai antisipasi terjadinya kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.
 
“Pembagian SHU kita jadwal tiap Pengurus Ranting NU. Mulai dari Ranting Senden, Karangrejo, Bogoran, Bendoagung, Timahan, Ngadimulyo, kemudian Sugihan,” ungkap Kiai Mujtahid, sapaan akrabnya.
 
Dari jumlah Rp173 juta SHU, berdasarkan kebijakan Tim Sembilan dan sesuari arahan dari Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek, separuhnya khusus digunakan untuk penambahan modal. Sedangkan sisanya dibagikan ke pemegang saham. Sedangkan untuk tahun selanjutnya, dari separuh yang pertama, selain untuk pengembangan usaha, juga ditasharrufkan untuk MWCNU Kampak dan lainnya.
 
“Yang dibagikan ke pemegang saham untuk tahun ini sejumlah Rp80 juta lebih. Ketemunya, per saham 13 ribu rupiah,” jelas dia.
 
Selain membagi SHU, masih menurut Kiai Mujtahid, NUsantara Mart juga sudah mengeluarkan zakat tijarah atau zakat perdagangan.
 
“Sesuai arahan dari Syuriyah MWCNU Kampak, setelah dihitung, zakat tijarah-nya sebesar Rp8 juta, dan sudah tersalurkan ke orang-orang yang berhak dengan dikembalikan ke pengurus ranting NU,” ungkapnya.
 
NUsantara Mart beralamat di Jalan Kampak-Watulimo, Kecamatan Kampak, sekitar 300 meter sebelah selatan Pasar Kampak. Toko waralaba berbasis keumatan yang diluncurkan pada 5 Mei 2019 tersebut dikelola oleh MWCNU Kampak dengan modal awal sebesar Rp613,7 juta yang diperoleh dari 6.137 lembar saham milik jamaah.
 
 
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile