Sebulan, LAZISNU Inggris Salurkan Bantuan Ribuan Poundsterling

Sebulan, LAZISNU Inggris Salurkan Bantuan Ribuan Poundsterling
null
null
London, NU Online
NU Care-LAZISNU United Kingdom yang dibentuk belum lama ini, berhasil menghimpun dan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah sebesar £4.739.03. Angka ini bernilai lebih dari Rp85 juta. Dana terkumpul dalam rentang pendek selama tiga pekan pada Ramadhan tahun ini. 
 
Rinciannya, anggaran yang masuk zakat fitrah sebesar £2.334, zakat maal £ 538.02, fidyah £495, infaq £482.01, sedekah iftar £15, dan sedekah sembako £875. Selanjutnya, dana yang terkumpul dialokasikan untuk membantu WNI di London dan beberapa kota lain di United Kingdom yang terdampak Covid-19. Beberapa mahasiswa yang kesulitan karena beasiswa tersendat akibat pandemi, juga mendapat alokasi bantuan.
 
Dana yang terkumpul, dialokasikan untuk penerima zakat fitrah 69 orang di UK (£ 2024), 17 penerima fidyah di UK (£450), 106 orang penerima zakat fitrah di Indonesia, 45 orang penerima fidyah di Indonesia, dan beberapa penerima zakat, sedekah dan infak di beberapa kota di United Kingdom.
 
Direktur NU Care-LAZISNU UK, Taufiq Widjanarko mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu mereka yang membutuhkan, terutama para WNI di UK yang terdampak.
 
"NU Care-LAZISNU UK berkomitmen untuk memberi manfaat, membantu para saudara kita, para WNI dan TKI di UK yang terdampak Covid-19. Sebagian di antara mereka kehilangan pekerjaan, akses dana, dan kesulitan bahan pangan," ungkap Taufiq Widjanarko, Sabtu (30/5).
 
Taufiq Widjanarko yang juga periset dan dosen di Nottingham University, United Kingdom ini mengatakan ke depan, NU Care-LAZISNU mendorong program-program charity dan donasi untuk kemanusiaan.
 
Sekretaris NU Care-LAZISNU UK, Siti Wahadi mengungkapkan bahwa NU Care-LAZISNU berkomitmen untuk mengkampanyekan Islam yang humanis di Inggris Raya.
 
"Melalui program-program yang direncanakan, NU Care-LAZISNU ke depan akan mengeksekusi program-program charity atau donasi untuk membantu warga yang membutuhkan. Kami, berupaya agar sebisa mungkin mengkampanyekan Islam yang ramah di Inggris, melalui program donasi kemanusiaan," ungkapnya.
 
Yayah Indra, Ketua Muslimat NU United Kingdom juga mendukung penuh agenda NU Care-LAZISNU UK. "Kami, dari ibu-ibu muslimat NU Inggris Raya sangat mendukung program NU Care-LAZISNU. Kami akan mendorong program-program kemanusiaan agar lebih bermanfaat, bagi warga di Inggris Raya," ungkapnya. 
 
Dalam beberapa bulan terakhir, NU Care-LAZISNU UK, PCINU UK, Muslimat UK dan Gusdurian UK berkolaborasi dengan KBRI London serta instansi dan komunitas lain, untuk program-program strategis yang bermanfaat untuk kemanusiaan.
 
Kontributor: Hanan Zayn
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile