Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Care-LAZISNU Wujudkan Sembako Ramadhan untuk Dhuafa

NU Care-LAZISNU Wujudkan Sembako Ramadhan untuk Dhuafa
Pembagian sembako Ramadhan LAZISNU. (Foto: Wahyu Noerhadi)
Pembagian sembako Ramadhan LAZISNU. (Foto: Wahyu Noerhadi)

Jakarta, NU Online
Pada momentum bulan Ramadhan tahun ini, NU Care-LAZISNU mencanangkan program Sembako Ramadhan untuk warga terdampak Covid-19. 

 

Manager Fundraising dan Program Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU, Anik Rifqoh menyebutkan sejumlah daerah di Jabodetabek yang menjadi sasaran penyaluran sembako. Di antaranya di Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan;  Cikarang, Bekasi; Cinere dan Cilodong di Depok.

 

Daerah lainnya Kecamatan Citeureup, Cibinong dan Citayam di Bogor; Kebon Jeruk Jakarta Barat; Matraman Jakarta Timur; Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan, dan; di Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

 

"Adapun penerima manfaatnya yaitu guru ngaji, warga perkampungan kumuh, pedagang kecil, tukang ojek, sopir bajaj, janda miskin, lansia, mahasiswa perantauan, imam masjid, tukang becak, tukang bangunan, dan warga lain yang tergolong dhuafa," paparnya.

 

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif PP NU Care-LAZISNU, Abdur Rouf, menyampaikan bahwa Ramadhan kali ini semua masyarakat Indonesia bahkan dunia dihadapkan dengan sebuah wabah Covid-19. Wabah itu memang dampaknya selain pada kesehatan juga pada berdampak pada lemahnya ekonomi masyarakat.

 

"Karena itu, NU Care-LAZISNU menggulirkan program Sembako Ramadhan untuk masyarakat, khususnya di wilayah yang mengalami dampak ekonomi terparah, di zona merah," jelas Rouf.

 

Target program tersebut, katanya, sebayak satu juta paket sembako atau satu juta penerima manfaat, yang bisa terealisasi dengan menggandeng berbagai mitra.

 

Salah satu penerima manfaat, Syahrullah (38), seorang pedagang arang batok kelapa menuturkan, saat ini susah untuk menyuplai arang ke warung-warung makan. Hal itu disebabkan selain sepinya pengunjung, warung-warung pinggir jalan pun tidak sedikit yang tutup.

 

"Sebelum adanya wabah, saya bisa menyuplai berkarung-karung arang ke sejumlah pedagang seperti tukang sate, ayam bakar, dan lain-lain. Sekarang susah. Sepi. Dan banyak juga warung yang tutup," ungkap pria asal Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor itu.

 

"Alhamdulillah, bantuan (sembako) ini memang sangat kami butuhkan," imbuhnya.

Program tersebut bekerjasama dengan Indika Foundation. "Ini kerja sama pertama kami dalam pembagian paket sembako, NU Care dengan Indika Foundation. Alhamdulillah kami telah menyalurkan total 1.080 paket Sembako Ramadhan bagi masyarakat terdampak Covid-19, sejak tanggal 5 Mei (Selasa) sampai Ahad (19 Mei) kemarin," kata Anik Rifqoh.

 

"Terima kasih kami sampaikan. Semoga kerja sama perdana ini bisa berlanjut," imbuh Rouf.

 

Kontributor: Wahyu Noerhadi
​​​​​​​Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online