Kepedulian Banser Bantu Korban Angin Ribut di Blitar Diapresiasi Banyak Kalangan 

Kepedulian Banser Bantu Korban Angin Ribut di Blitar Diapresiasi Banyak Kalangan 
Puluhan Banser membersihkan sejumlah rumah penduduk di Desa Tunjung, Udanawu, Blitar yang diterjang angin kencang. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Puluhan Banser membersihkan sejumlah rumah penduduk di Desa Tunjung, Udanawu, Blitar yang diterjang angin kencang. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)

Blitar, NU Online
Para tokoh dan kiai serta masyarakat Desa Tunjung, Udanawu, Blitar, Jawa Timur menyampaikan sanjungan sekaligus pujian terhadap gerak dan langkah Barisan Ansor Serbaguna atau Banser. Karena sebelumnya mereka melakukan bakti sosial dengan membersihkan rumah warga yang terkena sapuan angin puting beliung.

 

"Kami bangga terhadap Banser. Tanpa diminta, mereka sudah turun tangan membantu warga Tunjung yang kesusahan," kata H Mansur tokoh masyarakat setempat, Kamis (4/6). 

 

Dalam pandangannya, yang telah ditunjukkan Banser sebagai tindakan sangat luar biasa khususnya terkait pengabdian kepada umat. Karenanya, mewakili warga yang tertimpa musibah, tentu saja mengucapkan terima kasih tidak terhingga atas perhatian tersebut.

 

"Selaku tokoh warga Tunjung, kami sampaikan terima kasih dengan doa zakumullah khairan katsira," ungkapnya. 

 

Hal senada juga dikatakan H Abdul Kholik selaku mantan Kepala Desa Tunjung. Bahwa dalam pandangannya para anggota Banser sungguh luar biasa dan benar-benar melaksanakan fungsi dan tugas pengabdian ke masyarakat. 

 

"Kami salut dengan Ansor dan Banser. Tanpa diminta, mereka hadir membantu warga yang kesusahan di waktu yang tepat dan akurat," katanya.                                           

 

Sebagaimana diketahui, puluhan anggota Banser Satkoryon Udanawu Blitar, Rabu (3/6) mengadakan bakti sosial membersihkan rumah penduduk yang jadi korban sapuan angin puting beliung atau angin kencang.                                       

Sejak pagi, kader inti Ansor melakukan kegiatan hingga pukul siang yang dilanjutkan oleh petugas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Blitar. Dan akibat hantaman angin kencang tersebut, mengakibatkan 15 rumah warga Desa Tunjung Udanawu porak poranda. Para korban di antaranya bernama Rois (68 tahun), warga RT 003/RW 004 Dusun Krajan, Desa Tunjung, H Masduki (77 tahun) dengan alamat RT 003/RW 004 di Dusun Krajan, Desa Tanjung dan warga lain.

 

Selain Banser yang turut berpartisipasi pada bakti sosial yakni Tagana, BPBD, polisi, tentara, termasuk warga sekitar. Dan hal tersebut juga mendapat sambutan bangga dari KH Syaikudin Rohman selaku Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar. 

 

Menurutnya, memang Banser dibentuk sebagian tugasnya adalah membantu masyarakat tanpa pandang bulu. Siapa yang memerlukan pertolongan pasti Banser hadir.  Tidak hanya fungsi keamanan, namun fungsi sosialnya juga ada. Dan hal itu telah dibuktikan di semua media bahwa setiap ada musibah  dan bencana, termasuk  virus Corona, Ansor dan Banser di semua tingkatan turun gunung membantu. 

 

“Semoga mereka selalu diberi kesehatan dan pertolongan dari Allah SWT sehingga terus bisa mengabdi," pungkasnya.

 

Kontributor: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile