Tangani Pasien Covid-19, RSINU Demak Dapat Bantuan Ventilator dari Alumni ITB

Tangani Pasien Covid-19, RSINU Demak Dapat Bantuan Ventilator dari Alumni ITB
Alat bantu pernapasan (Foto: Ilustrasi/wartaekonomi.co.id)
Alat bantu pernapasan (Foto: Ilustrasi/wartaekonomi.co.id)

Demak, NU Online 

Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak, Jawa Tengah salah satu rumah sakit yang ditunjuk menjadi rujukan pasien Covid-19 menerima bantuan dua unit ventilator atau alat bantu pernapasan dari Ikatan Alumni Mesin Institut Teknologi Bandung (IAM ITB).

Direktur RSINU Demak dr Abdul Aziz mengatakan bantuan ventilator (alat bantu pernapasan) dari alumni ITB itu dikirim langsung melalui jasa kurir (paket) dan telah tiba serta diterima  Kamis (4/6) kemarin.

"Betul, kami telah menerima 2 unit alat bantu pernapasan bagi pasien yang berobat di RSINU Demak, khususnya bagi pasien Covid-19 dari alumni ITB Bandung," ujarnya kepada NU Online di Demak Jumat (5/6).

Dikatakan, hingga kini peralatan itu masih tersegel dalam packaging yang utuh. Pihaknya belum berani membuka dan masih menunggu tim teknisi dari ITB untuk merangkai alat bantuan pernapasan.

"Kami belum berani membukanya karena untuk membuka dan merangkainya ada mekanisme dan teknik yang spesial sesuai dengan standar yang ditentukan," kata Azis.

Disampaikan, pihak yang menyumbangkan fasilitas ventilator akan melakukan transfer knowledge (pengetahuan) kepada tim dari RSINU Demak yang menangani peralatan ini yakni tenaga kesehatan dan para dokter spesial yang bertugas di ruang ICU.

"Informasi yang didapat dari IAM ITB, transfer knowledge peralatan ini bisa dilakukan melalui dua cara yakni langsung tahap muka atau melalui online. Hingga kini kami masih menunggu khabar kapan transfer knowledge dilakukan," ucapnya.

Dengan adanya bantuan ini lanjutnya, maka RSINU Demak sekarang memiliki 6 unit ventilator. Sehingga pihaknya tidak mengalami kesulitan jika sewaktu waktu pasien membutuhkan.

Dia menambahkan, sebelumnya PBNU juga mengirim bantuan 1 unit ventilator ke rumah sakit yang dipimpinnya. Sebelum ada bantuan ini, pihaknya telah memiliki 3 unit ventilator.

"Alhamdulillah peralatan medis di RSINU Demak semakin lengkap, seiring dengan dibangunnya gedung baru tiga tingkat yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan," tuturnya.

Warga  NU Demak Mu'thi Kholil mengatakan, dengan bertambahnya fasilitas itu diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan RSINU Demak kepada masyarakat.

"Kalau di bidang kesehatan masyarakat terlayani dengan baik, maka kepercayaan publik kepada RSINU dan NU juga semakin meningkat," pungkasnya.

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile