Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sambut Santri, Tim Satgas NU Bondowoso Semprot Lingkungan Pesantren

Sambut Santri, Tim Satgas NU Bondowoso Semprot Lingkungan Pesantren
Penyemprotan disinfektan di sejumlah pesantren di Bondowoso, Jatim. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
Penyemprotan disinfektan di sejumlah pesantren di Bondowoso, Jatim. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)

Bondowoso, NU Online

Dalam waktu dekat, sejumlah pesantren akan menerima kembali para santri usai libur panjang. Beberapa persiapan harus dilakukan demi memastikan bahwa lokasi pesantren steril dari virus Corona.

 

Komitmen itu juga yang dilakukan Tim Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Yang dilakukan adalah dengan menggelar penyemprotan disinfektan secara bergilir ke beberapa pesantren yang ada di Kota Tape ini.

 

“Kegiatan penyemprotan kami gelar untuk pencegahan penyebaran wabah virus Covid-19 dan pada saat bersamaan berakhirnya masa liburan santri maupun santriwati dan mereka kembali lagi ke pesantren,” kata Mukid, Ahad (7/6).

 

Disampaikan Tim Satgas NU Peduli Covid-19 Bondowoso tersebut bahwa penyemprotan tidak semata dilakukan di pesantren. Juga dilanjutkan ke beberapa rumah dan tempat ibadah yang ada sekitar pondok. 

 

“Kami juga melakukan penyemprotan di tempat ibadah dan terakhir di Klinik Rumah Sakit NU Bondowoso,” jelasnya.

 

Dirinya mengemukakan bahwa sejumlah prosedur harus dilakukan demi menghadapi era baru yang disebut new normal, termasuk pemberlakuannya di kalangan pesantren. Karena hal tersebut merupakan salah satu mekanisme yang harus dilalui sebelum dilanjutkan pemeriksaan kepada santri.

 

Mukid memastikan bahwa langkah-langkah kongkrit sesuai prosedur kesehatan akan diberlakukan secara bertahap. Dalam perjalanannya nanti, Tim Satgas akan menyiapkan protokol kesehatan yang harus dilakukan dan siapkan sebagai tatanan baru.

 

Penyemprotan disinfektan tersebut mendapatkan respons positif dari beberapa pengasuh pesantren. Nyai Mustak Milah selaku Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Tumpeng Kulon, Wonosari mengemukakan bahwa penyemprotan sangat diharapkan.

 

"Alhamdulillah atas inisiatif penyemprotan yang digelar di pesantren kami karena memang ini yang kami tunggu-tunggu sebelum santri kembali," katanya. Dijelaskannya bahwa dalam beberapa hari terakhir banyak para santri yang sudah kembali ke pondok, lanjutnya.

 

Kegiatan ini dimulai Jumat (5/6) oleh Tim Satgas NU di lima pesantren, di antaranya Pondok Pesantren Nurul Fata, Nurul Hikmah, Misbahul Jadid, Riyadul Ulum, dan Miftahul Hidayah yang ada di Kecamatan Botolinggo. 

 

Kontributor: Ade Nurwahyudi
Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile