Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Panglima TNI: NU Sangat Membantu Upaya Pemerintah Tangani Covid-19

Panglima TNI: NU Sangat Membantu Upaya Pemerintah Tangani Covid-19
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah) (Foto: tni.mil.id)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah) (Foto: tni.mil.id)

Jakarta, NU Online

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memuji keterlibatan Nahdlatul Ulama dalam menangani pandemi virus Corona atau Covid-19. Menurut panglima, langkah yang dilakukan NU sangat konkret.


"Langkah NU memitigasi bahaya Covid-19 melalui pesantren-pesantren, masjid, majelis taklim, adalah hasil nyata kepedulian terhadap kemaslahatan umat. Di samping itu, peran Asosiasi Rumah Sakit NU, dokter NU, serta Satgas NU Peduli Covid-19 sangat membantu upaya pemerintah melawan pandemi," kata panglima pada acara Halal Bihalal Keluarga Besar TNI dan Polri bersama PBNU secara virtual, Selasa, 9 Juni 2020.


Bahkan menurut panglima, dalam menangani Covid-19, tindakan NU telah menunjukkan semangat kebangsaan yang sangat tinggi karena melampaui batas-batas negara. Hal itu tampak atas kerja sama antara NU dan Kementerian Luar Negeri dalam memberikan bantuan kepada WNI yang berada di luar negeri.


"Warga Nahdliyin telah menjadi duta-duta bangsa. Hal ini terbukti dengan diselenggarakannya silaturahmi PCINU se-dunia yang dilakukan secara daring beberapa waktu yang lalu," ucapnya.


Keberadaan NU sebagai organisasi sosial keagamaan yang terbesar di dunia disebutnya terus dibutuhkan dalam menangani Covid-19, khususnya dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari.


"Di sinilah peran strategis NU untuk mengkampanyekan pola hidup sehat melalui pendekatan dan cara-cara baik sesuai tuntunan dan ajaran Islam yang mulia," ucapnya.


Sementara Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyatakan, kontribusi NU sangat membantu institusinya dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kapolri berharap, komunikasi dan sinergitas yang selama ini terbangun antara Polri, TNI, dan NU tetap terjaga.


"Kami menyadari bahwa tanpa bantuan dari para kiai, para warga Nahdliyin, tentu tugas-tugas kami di TNI-Polri tidak akan bisa lancar," kata Kapolri.


"Saya menyakini bahwa peran serta keluarga besar Nahdlatul Ulama di seluruh Indonesia sangat bagus di dalam mengajak masyarakat untuk ber-fastabiqul khairat, sehingga dapat bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa, khususnya TNI dan Polri di dalam amar ma'ruf nahi munkar," imbuhnya.


Pewarta: Husni Sahal
Editor: Abdullah Alawi 
 

BNI Mobile