Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPNU Kubu Raya Kalbar Turut Kawal Rapid Tes untuk Santri

IPNU Kubu Raya Kalbar Turut Kawal Rapid Tes untuk Santri
Penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jatim. (Foto: NU Online)
Penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jatim. (Foto: NU Online)

Kubu Raya, NU Online
Satuan Tugas Nahdlatul Ulama (Satgas NU) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat setiap hari melakukan pendataan calon santri yang akan melakukan rapid tes secara gratis. Kegiatan hasil kerja sama Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya dan diapresiasi oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) bidang lembaga advokasi dan kebijakan publik. 

 

Saiful Bahri selaku staf bidang advokasi dan kebijakan publik PC IPNU Kubu Raya menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat. Juga tentu saja sangat membantu para santri yang segera kembali ke pesantrennya.

 

“Karena kegiatan ini sangat membantu dalam mengawal para santriwan maupun santriwati untuk dilakukan rapid tes gratis sebagai syarat untuk melakukan penerbangan atau pelayaran karena mereka akan kembali ke pesantren tujuan masing-masing,” ungkapnya. 

 

Dijelaskannya, dengan rapid tes gratis ini sangat membantu santri karena normalnya memerlukan biaya. Pada saat yang sama, sejumlah orang tua tentu saja merasa terbantu dengan fasilitas tersebut.

 

“Pemerintah daerah yang bekerja sama dengan NU Kubu Raya secara tidak langsung membantu perekonomian wali santri atau orang tua yang mempunyai anak mondok di pesantren luar Kubu Raya di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.
 
Edi Suahirul selaku Ketua Koordinator Satgas NU Kubu Raya, memberikan dukungan kepada petugas dan relawan agar senantiasa semangat untuk mengawal santriwan dan santriwati untuk kembali ke pesantren. 

 

”Para petugas yang menangani kegiatan ini tidak menerima gaji, melainkan suka rela atau tepatnya lillahi taala sebuah pengabdian untuk membantu santri,” ujarnya. 

 

Dirinya menjelaskan bahwa siapa saja yang mempermudah urusan orang lain, maka Allah akan mempermudah urusannya. Karenanya, para relawan NU agar selalu semangat dalam mengawal kepulangan santri dengan lancar. Karena hal tersebut bisa menjadi jalan untuk mendapatkan berkah dari pendiri atau muassis Nahdlatul Ulama serta ridha dari Allah SWT. 
  

Pengawalan kepulangan santri tersebut tidak lepas juga dari peran Dinas Kesehatan Kubu Raya yang telah memfasilitasi para santri untuk melakukan rapid tes gratis yang tinggal di kawasan setempat. Karena untuk dapat melakukan perjalanan baik lewat darat, laut dan udara harus memiliki surat keterangan terbebas dari virus Corona. 

 

Ulil Abshor selaku Ketua PC IPNU Kubu Raya terus memantau kinerja mulia para kader yang telah terlibat aktif dalam bagian anggota satuan tugas. Hal tersebut sebagai wujud pengabdian kader Nadliyin penegak Ahlusunnah Waljama'ah an-Nahdliyah. 

 

"Terima kasih atas pengorbanan tenaga dan waktu pengurus menjadi abdi NU tanpa pamrih. Semoga apa yang dilakukan mendapat berkah dan tentunya bermafaat meskipun menjadi petugas lillahi taala,” tutupnya. 

 

Kontributor: Syaiful Bahri/Siti Maulida
Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile