Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peduli Kemanusiaan, LAZISNU Brebes Kirim Bantuan Terdampak Banjir Rob

Peduli Kemanusiaan, LAZISNU Brebes Kirim Bantuan Terdampak Banjir Rob
Penyaluran bantuan terhadap korban terdampak banjir Rob dari LAZISNU Brebes, Jawa Tengah. (Foto: NU Online/Wasdiun)
Penyaluran bantuan terhadap korban terdampak banjir Rob dari LAZISNU Brebes, Jawa Tengah. (Foto: NU Online/Wasdiun)

Brebes, NU Online
Sepanjang pesisir Pantai Utara Brebes, Jawa Tengah yang meliputi Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, dan Losari terkena banjir Rob atau air pasang. Ribuan rumah dan tambak terendam air laut. Akibatnya, masyarakat disepanjang pantai tersebut terkena dampak rob dan mengalami kerugian material maupun imaterial yang tidak sedikit.


Untuk mengurangi sedikit beban masyarakat terdampak Rob di Pesisir Pantai Utara Brebes khususnya di Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan, Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU Brebes mengirim bantuan, Sabtu (13/6). 


Bantuan diterima perwakilan warga Randusanga Wetan yang juga pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Brebes H Baridin. Atas nama warga, dia mengucapkan terima kasih atas kepedulian NU Care-LAZISNU Brebes yang sudah cekatan dan tepat menyalurkan bantuan.


"Mudah-mudahan amaliah dan kepedulian NU Care langsung dimanfaatkan warga," ucap Baridin.


Kata H Baridin, lebih dari 600 rumah terendam air pasang laut. Dan ratusan hektar tambak juga terendam, sehingga ikan yang telah dibudidayakan otomatis ikut berenang keluar dari tambak.


Ketua PC NU Care-LAZISNU Brebes H Wahib Isma menjelaskan, penyaluran bantuan meski tidak banyak, tetapi sebagai sikap dari NU Peduli untuk warga Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan yang terdampak Rob. 


"Kami berharap, bantuan ini bisa sedikit mengurangi beban masyarakat, apalagi di tengah Pandemi Covid-19. Sungguh beban yang tidak ringan, masyakarat menerima dua musibah dalam satu waktu," ujar H Wahib di sela-sela penyerahan paket donasi di Desa Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. 


Wahib menambahkan, bentuk bantuan meliputi puluhan dus mie instan, beras, dan ragam bentuk lainnya yang diangkut dengan mobil operasional Tim Reaksi Cepat NU Peduli Jawa Tengah.


Menurut Wahib, dana bantuan dihimpun secara spontan dari warga NU yang memiliki rasa kepedulian. Mereka berbondong-bondong mengirimkan bantuan Rob ke pihak NU Care yang dikoordinasikan MWCNU dan Muslimat NU setempat setelah mendengar informasi adanya banjir Rob. Dengan guyub rukun antarlembaga, Banom PCNU saling berbagi amaliah.


"Ayo hilangkan kesusahan dunia dan akhiratmu dengan bershodaqoh melalui PC NU Care-LAZISNU Brebes," ajak Wahib dalam suatu seruan di medsos dan sarana komunikasi lainnya.


Gayung bersambut, seluruh pengurus MWCNU dan Ranting bahu membahu menghimpun sedekah untuk warga terdampak Rob. 


Aksi NU Care-LAZISNU, sambung Wahib, dilakukan di dua titik. "Kita bergerak untuk dua tahap yakni di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Losari," ungkap Wahib.


Wahib menambahkan, NU Care-LAZISNU mulai menggeliat kegiatannya. Sebelumnya, juga telah menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Darsim, anak yatim piatu dari Desa Karangbandung Kecamatan Ketanggungan yang mengalami kecelakaan lalulintas.


Darsim mengalami luka serius pada bagian kepala. Bantuan berupa uang Rp1 juta dari NU Care-LAZISNU Brebes dan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Bulakamba Rp1 Juta diterima Kakak Ipar Darsim, Ahad (7/6) lalu.


Darsim adalah Anak Yatim Piatu dengan Luka serius pada otaknya, butuh donasi kemanusiaan, begitu sepenggal berita di berbagai media, anak ini hidup dalam lingkungan yang serba pas-pasan, dengan kondisi tubuhnya tidak bisa mengangkat sendiri, dan harus dibantu oleh saudaranya saat berbaring atau duduk di kasurnya karena pernah jatuh akibat kecelakaan dari kendaraan roda dua dan luka serius pada otaknya, akhirnya harus dirawat beberapa kali di rumah sakit agar sembuh sediakala. 


Kontributor: Wasdiun
Editor: Syamsul Arif in 

BNI Mobile