Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Jatim Beri Kursi Roda kepada Remaja Berkebutuhan Khusus

LAZISNU Jatim Beri Kursi Roda kepada Remaja Berkebutuhan Khusus
Aulia Maisaroh, remaja berusia 12 tahun yang memiliki kebutuhan khusus. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Aulia Maisaroh, remaja berusia 12 tahun yang memiliki kebutuhan khusus. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Surabaya, NU Online 
Aulia Maisaroh, remaja berusia 12 tahun ini tengah berbaring di kasur rumah sakit. Aktivitasnya hanya berbaring di tempat tidur sembari ditemani boneka kesayangannya. “Aulia hanya bisa berbaring saat ini, sebelumnya dua tahun lalu masih bisa duduk,” kata Yana, Ibunda Aulia Maisaroh saat ditemui di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (24/6).


Yana mengisahkan awal mula Aulia mengalami kekurangan gizi kepada Manajer Operasional NU Care-LAZISNU (Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama) Jawa Timur. Aulia lahir dengan keadaan normal, tidak ada satu pun kekurangan dari anggota tubuhnya dan tubuh seperti balita pada umumnya. Setelah usia menginjak usia 3 tahun jalan kondisi tubuh Aulia mulai mengecil di bagian kaki. Setelah mengalami perlambatan tumbuh Aulia dibawa ke rumah sakit.


“Waktu itu dokter mengatakan Aulia harus dioperasi karena di kepala bagian belakang ada benjolan, tapi waktu itu keterbatasan ekonomi, hingga sekarang benjolan itu masih ada di kepala Aulia,” kata Yana mengingat sembilan tahun lalu.


Keterbatasan ekonomi inilah yang membuat Aulia kekurangan gizi dan hingga saat ini Aulia hanya bisa berbaring. Selain itu, Yana menceritakan jika dirinya adalah janda empat anak. Suaminya meninggalkan Yana di saat Aulia masih kecil. Untuk menghidupi empat orang anak, Yana bekerja di pabrik, selain itu Yana juga menerima pekerjaan serabutan yang diberikan oleh tetangga samping kanan kiri rumahnya.


NU Care-LAZISNU Jawa Timur hadir memberikan bantuan kursi roda. Meski kondisi Aulia Maisaroh masih berbaring di rumah sakit, diharapkan kursi roda ini menjadi penyemangat bagi Aulia untuk sembuh dan bisa bermain seperti anak pada umumnya.


Bantuan kursi roda diberikan Afif atas kerja sama NU Care-LAZISNU Jawa Timur dengan Unit Pengumpul Zakat Infak dan Sedekah (UPZIS) NU Care LAZISNU Kecamatan Wonoayu. 


“Kami bersama UPZIS NU Care LAZISNU Kecamatan Wonoayu hadir memberikan bantuan kepada Bu Yana untuk kesembuhan Aulia Maisaroh yang saat ini dirawat secara insentif di RSUD Sidoarjo,” pungkas Afif. 


Sementara itu, Khoiruddin, Direktur UPZIS NU Care-LAZISNU Kecamatan Wonoayu mengatakan kondisi keluarga Ibu Yana saat ini sangat butuh banuan, selain Aulia yang berbaring di rumah sakit, Ibu Yana juga harus menghidupi dan menyekolahkan kakaknya Aulia. 

 

“Bu Yana ini asli warga Desa Lambangan, Kecamata Wonoayu, tapi kehidupannya sering berpindah-pindah desa hingga kecamatan,” jelas Khoiruddin.

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Syamsul Arifin

BNI Mobile