Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
PEDULI COVID-19

Ruang Dialog, Inovasi Baru IPPNU Jabar di Tengah Pandemi Covid-19

Ruang Dialog, Inovasi Baru IPPNU Jabar di Tengah Pandemi Covid-19
Peluncuran aplikasi ruangdialog.com. (Foto: Dok. IPPNU Jabar)
Peluncuran aplikasi ruangdialog.com. (Foto: Dok. IPPNU Jabar)

Bandung, NU Online
Berangkat dari keresahan akan kesehatan mental para pelajar di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PW IPPNU) Jawa Barat resmi meluncurkan aplikasi layanan konseling berbasis website, Ahad (21/6) pekan lalu. Aplikasi tersebut diberi nama ruangdialog.com. 


Ketua PW IPPNU Jawa Barat Siti Nur Latifah mengatakan, aplikasi ini diharapkan bisa membantu  memecahkan pelbagai permasalahan para pelajar. Pihaknya meyakini bahwa sebagian besar pelajar mengalami tekanan mental lantaran banyaknya pelajaran via virtual.


“Di tengah pandemi Covid-19, kami yakin banyak para pelajar yang merasa stress menghadapi pembelajaran yang cukup berat ini, yang semuanya serba virtual," ujarnya kepada NU Online, Jumat (26/6).

 

Baca juga: Pelantikan Virtual, Ketum PP IPPNU Bekali PW Jabar Tiga Hal


Adapun cara mengakses website ini, lanjut dia, seorang klien cukup memasukkan kata kunci (keywoard) ruangdialog.com di mesin pencarian Google. Setelah itu, akan muncul layanan website. Kemudian langsung mengisi formulir yang tertera. Terakhir, memilih tutor sebaya yang akan dijadikan sebagai konselor.


“Untuk konselornya sendiri, tentunya kami mengutus orang-orang terpilih yang memang kompeten dalam bidangnya,” tambah Puput, sapaan akrabnya.


Ia menambahkan, di antaranya para tutor sebaya tersebut ialah alumni PW IPPNU Jawa Barat dan juga pengurus PW IPPNU itu sendiri.


“Harapannya, layanan konseling ini akan terus berkembang, tidak hanya mengatasi masalah mental para pelajar di masa pandemi saja. Akan tetapi, bisa bermanfaat untuk kapan pun dan di mana pun,” imbuhnya.


Konseling virtual
Menurut Puput, layanan konseling ini merupakan inovasi mutakhir. “Di lingkungan banom NU sendiri, saya rasa PW IPPNU Jabar menjadi penggagasnya. Bahkan, sepertinya di Indonesia. Karena saya belum menemukan layanan konseling virtual seperti ini,” tandasnya.


Ia yakin, adanya layanan konseling di tengah pandemi seperti ini memang bisa membantu para pelajar. “Saat ini para pelajar sudah terbiasa dengan komunikasi secara virtual. Oleh karenanya, dapat memudahkan akses untuk sharing berbagai permasalahan,” tandasnya.


Tidak hanya itu, layanan konseling yang diberi nama ruang dialog ini  menuai apresiasi dari pelbagai kalangan. Mulai dari banom NU, pemerintahan, seperti Badan Narkotika Nasional (BNN), Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), seperti KNPI, hingga ormas lainnya.


“Sampai saat ini sudah ada beberapa pihak yang ingin bekerja sama dengan layanan konseling ini. Namun, masih menunggu kelanjutan dari pihak yang bersangkutan,” imbuhnya.


Layanan konseling ini dikelola oleh Lembaga Konseling Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (LK PW IPPNU) Jawa Barat.


“Tentunya, ke depan layanan konseling ini akan banyak perbaikan-perbaikan. Insyaallah agar lebih baik lagi akan dibuatkan dengan bentuk aplikasi,” tegasnya mengakhiri perbincangan.


Kontributor: A. Rachmi Fauziah
Editor: Musthofa Asrori

BNI Mobile