Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Salurkan Paket 4 Sehat 5 Sempurna untuk Juru Parkir di Sidoarjo

LAZISNU Salurkan Paket 4 Sehat 5 Sempurna untuk Juru Parkir di Sidoarjo
Pengayuh becak menerima bantuan paket 4 sehat 5 sempurna dari UPZIS Taman Sidoarjo. (Foto: NO Online/Yuli R)
Pengayuh becak menerima bantuan paket 4 sehat 5 sempurna dari UPZIS Taman Sidoarjo. (Foto: NO Online/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online
Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya di sisi kesehatan dan psikologis, tetapi juga berimbas pada ekonomi rakyat, termasuk tukang becak dan juru parkir. Dibutuhkan semangat gotong-royong dan saling berbagi untuk meminimalisir dampak virus Corona tersebut.

 

Hal inilah yang dilakukan Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

 

Berbeda dari paket sebelumnya, kali ini yang dibagikan adalah puluhan paket bahan pangan 4 sehat 5 sempurna senilai sekitar Rp100 ribu. Semua diberikan untuk tukang becak dan juru parkir yang ada di sekitar kantor MWCNU atau di sepanjang jalan raya Wonocolo Sepanjang. 

 

Sekretaris UPZIS LAZISNU Taman, Tarmuji mengatakan bahwa penyaluran bantuan bahan pangan ini terlaksana dengan sukses atas dukungan berbagai pihak.

 

“Alhamdulillah kami pada program Jumat berkah ini, telah menyalurkan paket sembako berupa beras, minyak goreng, kecap, gula, sayur, susu, lauk pauk, mi instan, sayur,” kata pria yang juga Ketua Gugus Tugas (Gusgas) MWCNU Taman Peduli Covid-19 tersebut, Jumat (26/6).

 

Selain itu dirinya menjelaskan juga membagikan nasi kotak, jamu pokak, dan masker kepada 50 tukang becak, juru parkir, serta warga. Mereka adalah warga yang berada di sepanjang jalan raya Wonocolo Sepanjang yang terdampak Covid-19.

 

Disampaikan Tarmuji bahwa pihaknya telah bersinergi dengan Gusgas MWCNU Taman dan Badan otonom (Banom), Muslimat NU yang turut menyumbang puluhan nasi kotak, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA)  Surabaya juga menyumbang ratusan botol jamu herbal pokak dan masker.

 

Dirinya berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dan UPZIS LAZISNU MWCNU Taman tetap mendapatkan kepercayaan dari donatur.

 

“Mudah-mudahan apa yang kita bagikan pagi ini bisa bermanfaat bagi mereka untuk menunjang kebutuhan pokoknya sehari-hari, dan kami mengharap kepada para donatur untuk tetap memberikan kepercayaannya kepada LAZISNU Taman,” harapnya.

 

Hal tersebut penting agar ke depan UPZIS LAZISNU MWC Taman bisa melaksanakan tugas dengan sempurna, dan  semua sumbangan yang ada akan dibagikan kepada yang berhak menerima.

 

Dana untuk kegiatan ini berasal dari para donatur warga NU, open donasi dari media sosial, gerakan koin NU peduli, dari alumni PKPNU angkatan I hinggaIV, Muslimat NU, mahasiswa UINSA.

 

“Karenanya kami menyampaikan terima kasih kepada para donatur, ke depan kita akan meneruskan program Jumat berkah, setelah itu wacana program peduli  pondok pesantren menyambut masa transisi new normal, ” ungkapnya.

 

Sementara itu, Kofifah Intan Novitasari, Koordinator Mahasiswa UINSA Surabaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Wonocolo dan Desa Sepanjang menjelaskan bahwa kegiatan sosial juga merupakan salah satu tugas dalam pengabdian kepada masyarakat.

 

“Kita senang hari ini bisa bergabung dengan LAZISNU Taman, kami juga turut menyumbangkan ratusan botol minuman jamu pokak untuk meningkatkan imunitas tubuh dan masker yang dananya mandiri dari iuran sukarela teman-teman yang sedang KKN di sini,” jelasnya.

 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut ketua MWCNU Taman, Ketua UPZIS LAZISNU MWC Taman, mahasiswa UINSA peserta KKN, dan Banom.

 

Agus Santoso, yang sudah 15 tahun menjadi juru parkir di kawasan Jalan Raya Wonocolo Sepanjang ini, mengaku bahwa bantuan dari UPZIS LAZISNU MWC Taman tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya dan keluarga.

 

“Terima kasih, bantuan bahan pangan 4 sehat 5 sempurna dari LAZISNU Taman ini sangat bermanfaat bagi kami dan keluarga,” ucapnya sambil tersenyum usai menerima bantuan. 

 

Kegiatan diawali dengan doa bersama dan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Ketua MWCNU Taman di kantor MWCNU Taman.
 

Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi

Posisi Bawah | Youtube NU Online